Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tahun "Mati Suri", Vaio Luncurkan 2 Laptop Anyar

Kompas.com - 06/06/2018, 12:10 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

TAIPEI, KOMPAS.com - Jika Anda mengira brand Vaio yang dilepas Sony pada 2014 lalu sudah benar-benar mati, maka Anda salah besar. Pasalnya dalam gelaran Computex 2018 di Taipei, Vaio bangkit dari "mati suri" dengan merilis 2 laptop anyar.
 
Di bawah perusahaan investasi Japan Industrial Partners, Vaio baru memperkenalkan seri Vaio S13 dan Vaio S11, Rabu (6/6/2018). Sesuai namanya, Vaio S13 memiliki ukuran layar 13 inci sedangkan Vaio S11 bentang layarnya berukuran 11 inci.

Kedua laptop teranyar Vaio kabarnya akan mulai dipasarkan di negara-negara Asia secara berkala dalam beberapa bulan mendatang.
 
Dikunjungi KompasTekno di salah satu booth dalam gelaran Computex 2018, pihak Vaio sendiri menegaskan dua laptop ini akan segera mendarat di pasar Hong Kong dan Taiwan pada Juli mendatang.

Baca juga: Vaio Dijual, Andai Saja Sony Patuhi Steve Jobs
 

Laptop Vaiao S11 dipamerkan di Computex 2018 di taipei, Selasa (5/6/2018).KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Laptop Vaiao S11 dipamerkan di Computex 2018 di taipei, Selasa (5/6/2018).
Sedangkan Singapura dan Malaysia akan menjadi dua negara Asia Tenggara pertama yang bakal mencicipi laptop teranyar Vaio pada Agustus mendatang.
 
Khusus untuk Indonesia, pihak Vaio masih enggan untuk memastikan kapan laptop ini akan masuk. Namun, ia memperkirakan waktunya tidak akan jauh dari Singapura dan Malaysia.
 
"Kemungkinan besar akan masuk (Indonesia) tapi belum bisa dipastikan kapan," ungkap salah satu staf yang enggan disebutkan namanya ini kepada KompasTekno, Rabu (6/6/2018).
 
Ia menambahkan bahwa Vaio S13 dan Vaio S11 akan lebih fokus pada pemasaran di wilayah Asia. Pasalnya Vaio masih dianggap memiliki basis pengguna yang loyal di wilayah ini.

Spesifikasi
 
Vaio S13 dan Vaio S11 memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Keduanya dipersenjatai prosesor Intel Core i5 dan Core i7. Panel layarnya pun serupa, yakni Full HD IPS dengan resolusi 1.920 x 1080. Hanya ukuran bentang layar saja yang membedakan.
 
Kedua laptop baru Vaio menggunakan kartu grafis Intel UHD Graphic 620. Untuk seri S11, pilihan RAM yang tersedia adalah 8 GB dan 16 GB. Sedankan untuk seri S13 pilihannya adalah 4 GB dan 16 GB.
 
Untuk media penyimpanan, baik Vaio S13 maupun S11 akan menggunakan SSD berkapasitas 128 GB hingga maksimal 512 GB. Keduanya dibekali baterai 4-cell yang diklaim memiliki daya tahan penggunaan yang panjang.
 
Sebelumnya, Vaio sendiri terakhir kali meluncurkan produk laptop tiga tahun lalu, yakni sekitar awal 2015. Ketika itu Japan Industrial Partners (JIP) yang kini mengasuh Vaio memperkenalkan dua jenis ultrabook, yakni Vaio Z dan Vaio Z Canvas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com