Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple Mengaku Kaget soal Kebiasaannya Memakai Ponsel

Kompas.com - 06/06/2018, 13:31 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber CNN Money

KOMPAS.com - Apple menanamkan fitur baru bernama Screen Time di sistem operasi iOS 12 yang mampu memonitor aktivitas pemakaian smartphone oleh pengguna.

Tujuannya adalah mengingatkan sang empunya perangkat supaya tak menghabiskan terlalu banyak waktu dengan ponsel. CEO Apple Tim Cook rupanya penasaran dan ikut mencoba sendiri fitur ini.

Hasilnya, Cook mengaku terkejut mendapati bahwa dirinya ternyata terlalu sering memakai ponsel.

"Saya telah menggunakannya dan saya harus mengatakan pada Anda. Saya pikir saya cukup disiplin soal itu, ternyata saya salah," ujar Cook dalam sebuah wawancara di sela acara konferensi WWDC di San Jose, Amerika Serikat, awal pekan ini.

Cook kemudian mengatakan bahwa dia merasa terlalu banyak menghabiskan waktu dengan ponsel. "Lalu saya juga terlalu sering menengok smartphone," imbuhnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNN Money, Rabu (6/6/2018).

Screen Time memang bisa memperlihatkan seberapa sering iPhone atau iPad dibuka oleh pemiliknya.

Selain itu ada laporan harian dan bulanan yang memperlihatkan keseluruhan waktu yang dihabiskan di tiap-tiap aplikasi dan website. Ada juga jumlah berapa banyak notifikasi yang diterima.

Baca juga: iOS 12 Punya 6 Fitur Pencegah Kecanduan iPhone

Data yang dikumpulkan oleh Screen Time diharapkan bisa membantu pengguna iPhone dan iPad memahami pola pemakaian perangkat mereka, lalu mengendalikan berapa banyak waktu yang dihabiskan dengan mengakses aplikasi dan website dari perangkat.

Sebelumnya merilis Screen Time di iOS 12, Apple mendapat tekanan dari investor untuk mencegah penggunaan smartphone secara berlebihan, khususnya di kalangan pengguna anak-anak dan remaja.

"Perangkatnya sendiri (iPhone, iPad) tidak membuat kecanduan. Masalahnya adalah apa yang Anda lakukan dengan mereka," kata Cook.

"Begitu mereka mendapat data pola pemakaiannya, tiap orang harus memutuskan apa yang mau mereka lakukan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Money
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com