Nikon Patenkan "Noct" untuk Kamera dan Lensa Baru

Kompas.com - 06/06/2018, 17:12 WIB
Ilustrasi Nikon PetaPixelIlustrasi Nikon

KOMPAS.com - Nikon telah mengajukan paten untuk penggunaan kata "Noct" sebagai merek dagang di Eropa. Pengajuan tersebut diduga terkait dengan kamera mirrorless full-frame dan lensa baru yang sedang digarap oleh perusahaan.

Dalam dokumen paten disebutkan bahwa "Noct" merupakan merek dagang yang meliputi kamera, kamera digital, kamera dengan interchangable lens, kamera digital dengan interchangable lens, lensa untuk kamera, lensa untuk kamera digital, interchangeable lens untuk kamera, mount adapter untuk lensa, mount kamera, mount lensa, komponen dan fitting untuk seluruh produk di atas.

Hal itu berarti "Noct" berlaku untuk seluruh aspek ekosistem kamera, sebagaimana dilansir KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (6/6/2018).

Nikon sendiri sudah pernah merilis produk dengan merek "Noct", yaitu pada lensa Noct-Nikkor 58mm F/1.2. Adapun lensa ini memiliki kecepatan tinggi dengan diafragma (F) selebar itu, dan terkenal karena kualitas optiknya.

Bila merujuk pada produk tersebut, bisa jadi kata "Noct" dalam dokumen paten tersebut mengindikasikan lensa yang serupa. Bedanya lensa ini akan dibuat untuk ekosistem mirrorless terbaru Nikon.

Selain itu, nama "Noct" juga kemungkinan berhubungan dengan kemampuan low light atau astrophotography pada kamera Nikon terbaru. Apalagi kata "Noct" berakar dari kata Latin "Nox" yang dalam bahasa Indonesia berarti "malam".

Sebelumnya, Nikon dikabarkan sedang mengembangkan kamera mirrorless baru dengan resolusi full-frame. Rencananya kamera tersebut akan diperkenalkan ke publik pada 2019 mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga saat ini belum ada informasi yang jelas dan detil mengenai wujud serta fitur kamera baru Nikon. Pengguna masih harus bersabar menunggu perusahaan kamera Jepang itu memperlihatkan wujud kamera barunya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PetaPixel

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.