CEO Apple: Pelacakan Data Pengguna Sudah Keterlaluan

Kompas.com - 07/06/2018, 07:31 WIB
CEO Apple, Tim Cook Adam Tow/AllThingsD.comCEO Apple, Tim Cook

KOMPAS.com - Beberapa perusahaan teknologi raksasa, seperti Google dan Facebook menjadi sorotan dunia terkait isu privasi di jagat maya. Mereka dibanjiri kritikan karena dianggap menyalahgunakan hak akses ke ranah privasi pengguna internet.

Namun tampaknya, tak sedikit warganet yang tak menyadari jika data pribadi mereka dilacak diam-diam melalui media sosial. Hal tersebut diungkapkan CEO Apple, Tim Cook dalam sebuah wawancara.

"Pelacakan (data pengguna) benar-benar di luar kendali," ujar Cook.

Dirinya meyakini jika privasi adalah hak dasar manusia, namun tak bisa dipungkiri jika pelacakan data pengguna internet adalah masalah besar, lebih dari yang orang-orang perkirakan.

"Menurutku, banyak orang tidak sadar siapa yang melacak mereka, berapa kali mereka dilacak dan berapa banyak detail data soal diri mereka yang tersebar," imbuhnya.

Dalam berbagai kesempatan wawancara, Cook berungkali menekankan bahaya media sosial dan layanan jejaring gratis lainnya.

Setelah skandal penyalahgunaan data pengguna Facebook yang dicuri Cambridge Analytica mencuat, Cook sesumbar jika perusahannya mengutamakan privasi ketimbang keuntungan yang didapat dari menjual data pengguna.

Pernyataan tersebut sempat menimbulkan perang dingin antara Cook dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg kala itu.

Baca juga: Pesan CEO Apple untuk Mahasiswa di Era Digital

Keyakinan Cook akan privasi dibuktikan dalam agenda tahunan Worldwide Developer Conference (WWDC 2018) yang berlangsung di San Jose, California, AS awal pekan ini.

Dalam kesempatan ini, Apple memperkenalkan pemblokir peramban Safari bagi pelacak pihak ketiga yang bersembunyi di situs web, misalnya pelacakan cookies dari Facebook.

Halaman:


Sumber CNET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X