Kompas.com - 08/06/2018, 09:21 WIB

KOMPAS.com - Google memperkenalkan eksperimen teknologi teranyar bertajuk “Project Oasis”. Idenya simpel, yakni memberikan gambaran cuaca di berbagai daerah via terarium.

Hal ini dimungkinkan teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) yang diimplementasikan Google melalui “Assistant”. Pengguna bisa bertanya “seperti apa cuaca di San Francisco?”

Lantas, tanaman dan suasana di dalam terarium akan menunjukkan gimik cuaca di San Francisco. Ada simulasi kabut dan asap dengan intensitas tertentu, hujan, serta cahaya yang disesuaikan dengan kondisi asli.

Hanya saja, Project Oasis ini masih menemui tantangan ketika menggambarkan cuaca dingin bersalju, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (8/6/2018), dari TheVerge.

Anda pun bisa membuat inovasi lain berbasiskan Project Oasis. Tool-nya disediakan cuma-cuma dan bisa diunduh via GitHub.

Para pengembang Google memang kerap membuat eksperimen teknologi untuk “seru-seruan”. Belakangan yang paling sering menjadi basis eksperimen adalah AI.

Sebelum Project Oasis, baru-baru ini juga Google memperkenalkan eksperimen “emoji scavenger hunt”, yakni game untuk mencocokkan emoji dengan benda di dunia nyata dalam batas waktu tertentu.

Ada juga “NSynth Super” yang membantu para musisi untuk berkreasi menciptakan lagu-lagu dengan bantuan machine learning. Kita tunggu eksperimen-eksperimen Google selanjutnya.

Baca juga: Bug di Google Search Muncul Saat Mengetik the1975..com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.