Xiaomi Redmi Y2 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya - Kompas.com

Xiaomi Redmi Y2 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Kompas.com - 08/06/2018, 13:11 WIB
Xiaomi Redmi Y2Tech Radar Xiaomi Redmi Y2

KOMPAS.com - Vendor smartphone China, Xiaomi resmi meluncurkan Redmi Y2 yang mengedepankan fitur kamera selfie. Peluncuran ponsel papan tengah ini hanya berselang enam bulan dari pendahulunya, Redmi Y1.

Meski jarak perilisan keduanya tak terlalu lama, namun spesifikasi yang dibawa Redmi Y2 cukup komprehensif dibanding Redmi Y1.

Beberapa spesifikasi utama di-upgrade Xiaomi untuk Redmi Y2. Paling kentara adalah ukuran layar yang lebih besar. Xiaomi Redmi Y2 memiliki bentang layar 6 inci dengan rasio aspek 18:9, dengan resolusi HD plus (1440 x 720 piksel), dan dilapisi 2,5 curved glass.

Bingkai Xiaomi Redmi Y2 terbuat dari logam, sementara "cangkang" belakang terbuat dari bahan polycarbonate. Terdapat sensor pemindai sidik jari yang membulat di tengah punggung.

Kamera

Berbeda dengan Redmi Y1 yang mengandalkan kamera tunggal, Redmi Y2 dibekali modul kamera ganda dengan LED flash di tengahnya. 

Baca juga: Xiaomi Mi 8 Resmi Meluncur dalam 3 Versi, Ini Spesifikasi dan Harganya

Set-up dual-lensa Redmi Y2 diklaim serupa dengan milik Redmi Note 5 Pro. Masing-masing konfigurasinya adalah 12 megapiksel untuk kamera utama dengan ukuran piksel 1,25 nanometer, lensa bukaan f/2.2, serta dilengkapi fitur PDAF yang dijanjikan bisa mengunci fokus lebih cepat dan akurat. Sementara kamera sekundernya beresolusi 5 megapiksel.

Karena mengunggulkan fitur selfie, kamera depan Redmi Y2 memiliki resolusi 16 megapiksel dengan bukaan f/2,0. Dilengkapi fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bokeh, beauty mode yang diklaim bisa menghasilkan jepretan selfie lebh natural, dan LED flash.

Spesifikasi

Soal spesifikasi, Redmi Y2 didukung chip Qualcomm Snapdragon 625 yang dipadankan dengan grafis Adreno 509. Ada dua varian yang diluncurkan, yakni RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB, serta varian RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

Xiaomi Redmi Y2 memiliki tiga slot untuk menempatkan dua kartu SIM dan satu microSD yang hingga kapasitas 256 GB. Perangkat ini dijalankan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo, disandingkan dengan MIUI 9.5.

Baca juga: Xiaomi Redmi 6 Dipastikan Meluncur 12 Juni

Baterai Xiaomi Redmi Y2 berkapasitas 3.080 mAh yang dilengkapi dengan colokan microUSB dan pengisi daya cepat 5V/2A.

Harga

Dilansir KompasTekno dari Tech Radar, Jumat (8/6/2018), Redmi Y2 baru akan dijual secara ekslusif secara online di Amazon India dengan harga 9.999 rupee (sekitar Rp 2 jutaan) untuk model RAM 3 GB/32 GB.

Sementara model RAM 4 GB/64 GB akan dibanderol 12.999 rupee (sekitar Rp 2,6 juta). Secara umum, spesifikasi Redmi Y2 mirip dengan Redmi S2 yang dirilis di Indonesia Mei lalu, yang juga mengandalkan fitur kamera selfie.

Baca juga: Melihat Isi Kardus Xiaomi Redmi S2

Berkaca dari pendahulunya, Xiaomi agaknya menerapkan spesifikasi yang sama dengan nama seri yang berbeda di beberapa negara. Termasuk Redmi Y1 dan Redmi Y1 Lite yang memiliki spesifikasi sama persis dengan Redmi Note 5A dan Redmi Note 5A Prime, di mana seri terkahir adalah yang dipasarkan di Indonesia.



Close Ads X