Facebook Buat Laman Khusus Video Streaming Game

Kompas.com - 09/06/2018, 08:12 WIB
Tampilan landing page Facebook Gaming di ponsel. FacebookTampilan landing page Facebook Gaming di ponsel.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Januari lalu, Facebook meluncurkan program Gaming Creator untuk mendongkrak aktivitas live streaming game di jejaring sosialnya.

Pekan ini, Facebook melakukan langkah lebih jauh dengan membuka landing page Facebook Gaming yang berisi konten-konten streaming game. Aneka konten yang bersifat live dan pre-recorded tersebut diagregasi ke satu tempat.

Di laman landing page yang berfungsi sebagai pusat aktivitas game streaming di Facebook ini, pengunjung bisa menemukan konten sesuai dengan kreator dan game yang mereka ikuti, juga grup tempat mereka bergabung.

Ada juga kompetisi e-sport dan konten dari event terkait industri game. Facebook mempromosikan landing page Facebook Gaming dengan URL pendek “fb.gg”. Bisa juga dikunjungi lewat “facebook.com/gaming”.

Selain itu, Facebook juga meluncurkan Level Up, sebuah program untuk membantu video-game streamer pemula dalam membangun fanbase dan mendapatkan uang lewat sejumlah tool monetisasi.

Facebook tidak merinci ada berapa persisnya video-game streamer yang aktif mengunggah konten lewat jejaring sosialnya.

Twitch yang mempelopori video-game streaming diketahui memiliki 16 juta active daily viewer dan 2 juta unique monthly broadcaster. Selain Facebook dan Twitch, YouTube juga mengincar para video-game streamer lewat YouTube Gaming.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Variety, Sabtu (9/6/2018), Januari lalu, Facebook diketahui membayar sejumlah video-game streamer populer agar menayangkan kontennya secara eksklusif di Facebook.

Baca juga: 6 Pilihan Profesi di Industri E-Sport yang Bisa Dilirik Milenial

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Variety
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X