Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Find X Bakal Punya Kamera Zoom 5X?

Kompas.com - 10/06/2018, 14:36 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Oppo Find X akan resmi diperkenalkan pada 19 Juni mendatang di Paris, Perancis. Menjelang tanggal tersebut, pihak Oppo rajin berbagi teaser.

Di media sosial China, Weibo, Oppo mempublikasikan "bocoran" yang menimbulkan spekulasi soal fitur baru seperti apa yang akan diusung oleh Find X.

“Galileo melihat langit, lalu kunci alam semesta terbuka,” bunyi tulisan dalam teaser berbentuk poster tersebut, disertai ilustrasi seseorang yang memandang ke angkasa dengan teleskop atau teropong.

Lantaran teaser itu, beredar dugaan bahwa Oppo Find X akan dibekali kamera dengan teknologi Zoom optik hingga 5X yang diperkenalkan pertama kali pada ajang Mobile World Congress di Spanyol, 2017 lalu. (Baca juga: Oppo Resmikan Teknologi Kamera Ponsel Zoom 5x)

Kamera Oppo tersebut diketahui memiliki mekanisme serupa teleskop, dengan prisma yang membelokkan cahaya sehingga susunan elemen lensa bisa dibuat secara horizontal, alih-alih vertikal.

Dengan demikian, Oppo bisa menempatkan lensa zoom yang biasanya memang berukuran panjang secara melintang di bodi ponsel, bukan menonjol dari punggung layaknya lensa zoom pada umumnya kamera digital dan smartphone.

Spekulasi lain yang beredar menyebutkan bahwa teknologi baru yang akan disematkan pada Find X bukanlah lensa zoom periskop, melainkan teknologi face recognition, mengacu pada kata “kunci” di teaser Oppo, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Minggu (10/6/2018).

Tentu, dua dugaan di atas belum bentu benar. Jawaban pastinya hanya akan diketahui pada 19 Juni mendatang.

Find X sendiri bakal menandai kembalinya smartphone Oppo seri Find setelah absen empat tahun sejak 2014. Sang flagship baru kabarnya bakal memiliki layar 6,42 inci serta ditenagai chip Snapdragon 845, RAM 8 GB, storage 256 GB, dan baterai 3.000 mAh.

Baca juga: Smartphone Oppo Bakal Melengkung seperti Samsung?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com