Oppo Find X Bakal Punya Kamera Zoom 5X?

Kompas.com - 10/06/2018, 14:36 WIB
Ilustrasi teknologi kamera periskop Oppo dengan rentang zoom 5x. OppoIlustrasi teknologi kamera periskop Oppo dengan rentang zoom 5x.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Oppo Find X akan resmi diperkenalkan pada 19 Juni mendatang di Paris, Perancis. Menjelang tanggal tersebut, pihak Oppo rajin berbagi teaser.

Di media sosial China, Weibo, Oppo mempublikasikan "bocoran" yang menimbulkan spekulasi soal fitur baru seperti apa yang akan diusung oleh Find X.

“Galileo melihat langit, lalu kunci alam semesta terbuka,” bunyi tulisan dalam teaser berbentuk poster tersebut, disertai ilustrasi seseorang yang memandang ke angkasa dengan teleskop atau teropong.

Lantaran teaser itu, beredar dugaan bahwa Oppo Find X akan dibekali kamera dengan teknologi Zoom optik hingga 5X yang diperkenalkan pertama kali pada ajang Mobile World Congress di Spanyol, 2017 lalu. (Baca juga: Oppo Resmikan Teknologi Kamera Ponsel Zoom 5x)

Kamera Oppo tersebut diketahui memiliki mekanisme serupa teleskop, dengan prisma yang membelokkan cahaya sehingga susunan elemen lensa bisa dibuat secara horizontal, alih-alih vertikal.

Dengan demikian, Oppo bisa menempatkan lensa zoom yang biasanya memang berukuran panjang secara melintang di bodi ponsel, bukan menonjol dari punggung layaknya lensa zoom pada umumnya kamera digital dan smartphone.

Spekulasi lain yang beredar menyebutkan bahwa teknologi baru yang akan disematkan pada Find X bukanlah lensa zoom periskop, melainkan teknologi face recognition, mengacu pada kata “kunci” di teaser Oppo, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Minggu (10/6/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentu, dua dugaan di atas belum bentu benar. Jawaban pastinya hanya akan diketahui pada 19 Juni mendatang.

Find X sendiri bakal menandai kembalinya smartphone Oppo seri Find setelah absen empat tahun sejak 2014. Sang flagship baru kabarnya bakal memiliki layar 6,42 inci serta ditenagai chip Snapdragon 845, RAM 8 GB, storage 256 GB, dan baterai 3.000 mAh.

Baca juga: Smartphone Oppo Bakal Melengkung seperti Samsung?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.