Fungsi “Swipe” di Gmail Android Kini Bisa Diubah-ubah

Kompas.com - 11/06/2018, 13:16 WIB
Logo Gmail. GoogleLogo Gmail.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Selama ini gestur swipe di Gmail hanya memiliki satu fungsi, yaitu mengarsip e-mail yang disapu ke kanan atau ke kiri oleh pengguna tadi.  Fungsi arsip tersebut tidak bisa diubah, misalnya menjadi delete.

Keterbatasan tersebut akhirnya diubah dalam update aplikasi Gmail terbaru di Android, yakni versi 8.5.20 yang sudah mulai digulirkan sejak pekan lalu.

Fungsi swipe dengan menyapukan jari kini bisa diganti-ganti menjadi salah satu dari enam pilihan yang tersedia, yakni “delete”, “mark as read/ unread”, “move to”, “snooze”, dan “none” alias tidak menjalankan fungsi apapun.

Tampilan menu untuk mengatur fungsi swipe di aplikasi Gmail Android. Android Police Tampilan menu untuk mengatur fungsi swipe di aplikasi Gmail Android.
Cara mengaturnya mudah saja, pengguna cukup membuka menu general settings lewat tombol tiga garis horizontal di pojok kanan atas tampilan inbox.

Di Gmail Android versi 8.5.20 terlihat bahwa boks tanda centang di samping “swipe actions” sudah berganti menjadi menu baru yang akan membuka laman sendiri.

Pengguna bisa memilih fungsi untuk gestur swipe ke kanan maupun ke kiri. Masing-masing dapat diatur untuk menjalankan fungsi yang berbeda. Misalnya, swipe kanan untuk “delete” dan swipe kiri untuk “move to”.

Tak jelas benar apakah pengaturan fungsi swipe di atas memang disalurkan melalui update Gmail versi 8.5.20 atau diaktifkan melalui switch server.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (11/6/2018), saat ini opsi untuk mengubah-ubah fungsi swipe belum hadir di aplikasi Gmail versi iOS.

Baca juga: Gmail Resmi Dirombak, Ini Deretan Fitur Barunya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.