Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi “Swipe” di Gmail Android Kini Bisa Diubah-ubah

Kompas.com - 11/06/2018, 13:16 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Selama ini gestur swipe di Gmail hanya memiliki satu fungsi, yaitu mengarsip e-mail yang disapu ke kanan atau ke kiri oleh pengguna tadi.  Fungsi arsip tersebut tidak bisa diubah, misalnya menjadi delete.

Keterbatasan tersebut akhirnya diubah dalam update aplikasi Gmail terbaru di Android, yakni versi 8.5.20 yang sudah mulai digulirkan sejak pekan lalu.

Fungsi swipe dengan menyapukan jari kini bisa diganti-ganti menjadi salah satu dari enam pilihan yang tersedia, yakni “delete”, “mark as read/ unread”, “move to”, “snooze”, dan “none” alias tidak menjalankan fungsi apapun.

Tampilan menu untuk mengatur fungsi swipe di aplikasi Gmail Android. Android Police Tampilan menu untuk mengatur fungsi swipe di aplikasi Gmail Android.
Cara mengaturnya mudah saja, pengguna cukup membuka menu general settings lewat tombol tiga garis horizontal di pojok kanan atas tampilan inbox.

Di Gmail Android versi 8.5.20 terlihat bahwa boks tanda centang di samping “swipe actions” sudah berganti menjadi menu baru yang akan membuka laman sendiri.

Pengguna bisa memilih fungsi untuk gestur swipe ke kanan maupun ke kiri. Masing-masing dapat diatur untuk menjalankan fungsi yang berbeda. Misalnya, swipe kanan untuk “delete” dan swipe kiri untuk “move to”.

Tak jelas benar apakah pengaturan fungsi swipe di atas memang disalurkan melalui update Gmail versi 8.5.20 atau diaktifkan melalui switch server.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (11/6/2018), saat ini opsi untuk mengubah-ubah fungsi swipe belum hadir di aplikasi Gmail versi iOS.

Baca juga: Gmail Resmi Dirombak, Ini Deretan Fitur Barunya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com