Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Sematkan Tombol Misterius di Galaxy Note 9?

Kompas.com - 12/06/2018, 08:09 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Semakin mendekati pertengahan tahun, rumor soal calon smartphone flagship baru dari Samsung, Galaxy Note 9, makin banyak beredar.

Salah satu yang terbaru berupa bocoran aksesori casing transparan untuk ponsel bersangkutan. Gambar casing memperlihatkan adanya sebuah tombol baru di dekat pojok kanan bawah perangkat, sederet dengan tombol daya.

Fungsi tombol yang belum pernah ada sebelumnya ini masih misterius. Ia pun bukan tombol Bixby yang terlihat hadir di sisi kiri perangkat.

Ada dugaan bahwa tombol baru tersebut nantinya bakal berfungsi sebagai shutter button untuk menjepret gambar dari aplikasi kamera. Ini pun dengan asumsi tombol itu memang benar ada.

Selain tombol baru, bocoran gambar casing turut memperkuat rumor yang selama ini beredar tentang tata letak pemindai sidik jari Galaxy Note 9.

Bocoran foto casing Galaxy Note 9 memperlihatkan tombol baru dan pemindai sidik jari yang dipindah ke bawah modul kamera. GSM Arena Bocoran foto casing Galaxy Note 9 memperlihatkan tombol baru dan pemindai sidik jari yang dipindah ke bawah modul kamera.

Berbeda dari Galaxy Note 8 sebelumnya yang menempatkan fingerprint scanner secara hotizontal di sisi modul kamera, Galaxy Note 9 agaknya menempatkan komponen terebut di bawah kamera.

Lucunya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (12/6/2018), dilihat dari bentuk lubang di gambar bocoran asing, meski pemindai sidik jari dipindah ke bawah, ukuran modul kamera horizontel di Galaxy Note 9 sepertinya tak berubah dan tetap sama seperti sebelumnya.

Mungkin Samsung juga akan menambahkan hardware baru di sisi kamera? Boleh jadi juga penenpatan komponen dual camera dan LED flash hanya akan lebih longgar.

Galaxy Note 9 sendiri kabarnya akan meluncur di New York, Amerika Serikat, pada 9 Agustus mendatang.

Baca juga: Uji Benchmark Ungkap Spesifikasi Galaxy Note 9

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com