Internet Telkomsel "Juara" di Jalur Jakarta-Surabaya - Kompas.com

Internet Telkomsel "Juara" di Jalur Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 12/06/2018, 11:13 WIB
Kondisi Gerbang Tol Colomadu proyek jalan Tol Salatiga-Colomadu di Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (4/6/2018). Terhitung mulai 8 Juni 2018 aatau H-7 Lebaran, Jalan tol fungsional tersebut sudah dapat dilalui pemudik.KOMPAS.com/Garry Andrew Lotulung Kondisi Gerbang Tol Colomadu proyek jalan Tol Salatiga-Colomadu di Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (4/6/2018). Terhitung mulai 8 Juni 2018 aatau H-7 Lebaran, Jalan tol fungsional tersebut sudah dapat dilalui pemudik.

KOMPAS.com - Sebelum keramaian musim mudik lebaran 2018 dimulai, KompasTekno telah melakukan pengujian kecepatan internet di sejumlah titik di jalur Jakarta-Surabaya. Salah satu yang menjadi sorotan adalah kinerja Telkomsel.

Titik-titik pengujian kami tersebar antara lain di jalur tol yang sudah beroperasi dan fungsional, serta di sejumlah rest area ruas tol tersebut.

Baca juga: Jelang Musim Mudik, Bagaimana Kinerja Internet 5 Operator di Rest Area Pantura?

Pengujian dilakukan menggunakan aplikasi nPerf dan kegiatan sebagaimana para pemudik, yakni streaming YouTube, streaming Spotify, serta menjelajah berbagai situs dan media sosial.

Secara umum, internet Telkomsel cukup andal dipakai selama menjelajahi Jakarta hingga Surabaya yang sebagian besar melewati jalur tol, baik yang operasional maupun fungsional. Jika dibanding empat operator lain, layanan internet Telkomsel bisa dibilang teratas dari sisi kualitas dan jangkauan sinyal.

Rinciannya pengujian tersebut mencatatkan hasil sebagai berikut ini:

Jalur Jakarta-Brebes

Sinyal internet Telkomsel bisa dibilang lancar sepanjang perjalanan dari Jakarta, melintasi tol Cikampek, Cikopo, Palimanan hingga keluar di Brebes Timur. Kendala yang kami temui cenderung minim, hanya berkutat di masalah lamban di satu titik. Sedangkan titik lainnya aman tanpa gangguan.

Dalam catatan nPef kami, kecepatan paling tinggi berada di KM 19 Cikampek dan Km 267 Brebes Exit. Di KM 19, kecepatan download rata-rata menembus 25,8 Mbps dan upload rata-rata 4,31 Mbps. Sedangkan di KM 267 kecepatan download rata-rata mencapai 36,1 Mbps dan upload rata-rata 17,87 Mbps.

Masalah yang kami temui hanya di KM 134 saja. Itu pun minim, hanya berupa buffer YouTube yang butuh waktu lebih lama dan nPerf yang tidak bisa terhubung ke server. Sedangkan Spotify dan browsing situs bisa dilakukan dengan mulus.

Jalur fungsional Brebes-Batang

Di jalur yang masih berstatus fungsional dengan proses perapihan jalan di mana-mana, internet Telkomsel yang gunakan terasa begitu lancar.

Masalah yang kami temukan hanya di satu titik, yakni soal latensi yang tinggi sehingga sedikit mengganggu jika dipakai bermain game online. Sedangkan untuk streaming dan browsing ternayata tidak mengalami gangguan.

Kecepatan rata-rata tertinggi kami peroleh melalui pengukuran nPerf di pintu keluar Tol Brebes Timur yang menyambung ke ruas tol fungsional Pejagan-Pemalang. Ada pun kecepatan download rata-rata mencapai 36,10 Mbps dan upload rata-rata 17,8 Mbps.

Masalah latensi jaringan yang tinggi kami temui di jalur sepanjang beberapa kilometer setelah KM 318 ruas Pejagan-Pemalang, dengan nilai mencapai 283 ms. Sedangkan di ruas Pemalang-Batang, tidak ada masalah sama sekali.

Hanya saja, saat kami keluar tol dan berada di Tugu Pekalongan, kecepatan browsing sedikit menurun. Kendati demikian penurunan itu tidak signifikan dan streaming masih bisa dilakukan dengan baik.

Jalur Semarang-Salatiga

Sama seperti sebelumnya, koneksi internet Telkomsel di ruas Tol Semarang-Salatiga tidak banyak menemukan kendala. Ada satu kondisi ketika kualitas jaringan turun ke 3G sepanjang beberapa kilometer. Namun, sebagian besar kualitas jaringannya baik dan bisa dipakai menikmati berbagai konten di internet.

Turunnya kualitas jaringan ke 3G terjadi di KM 38 ruas Tembalang-Ungaran. Kendati demikian, kami masih bisa memakainya untuk streaming dan browsing, walau memang tidak sekencang saat sinyal berkualitas 4G.

Pada ruas Bawen-Salatiga, kami tidak bisa terhubung ke nPerf untuk melakukan pengukuran kecepatan internet. Tetapi sama seperti sebelumnya, kegiatan masih bisa dilakukan dengan lancar. Kami hanya mengalami buffer yang sedikit lebih lama saat memutar video YouTube.

Pengukuran nPerf baru berhasil saat menjelang gerbang tol Salatiga. Kecepatan download rata-ratanya mencapai 13,44 Mbps dan upload rata-rata mencapai 13,44 Mbps.

Jalur Solo-Ngawi

Dari pintu keluar tol Salatiga, kami harus melewati beberapa ruas termasuk tol fungsional yang menghubungkan Solo hingga Ngawi. Dalam perjalanan ini kami menemukan kinerja internet lancar, tapi juga terdapat kendala di sejumlah titik.

Bagian awal tol ini, yakni di Gerbang tol Colomadu - Sragen kualitas jaringan Telkomsel relatif aman. Dari pengujian teknis lewat nPerf, kecepatan unduh di sekitar Salatiga berada pada angka rata-rata 20,80 Mbps dan kecepetan unggah sampai pada angka 13,44 Mbps. Latensi pun cukup aman untuk digunakan bermain game online.

Saat mencoba browsing dan streaming, tidak ada kendala sedikit pun. Semua musik dan video bisa dinikmati dengan kualitas yang tinggi.

Kondisi ini berlangsung sampai di rest area Km 519. Bahkan hasil pengujuan nPerf menunjukkan angka unduh rata-rata mencapai 67,35 Mbps dan unggah 6,82 Mbps. Titik ini ternyata memang telah diselimuti jaringan 4G+ sehingga kecepatan data baik unduh maupun unggah cukup tinggi.

Satu-satunya kendala kami termukan di KM 549. Saat itu kondisi jaringan turun ke 3G dan kami kesulitan untuk terhubung dengan server nPerf untuk pengujian.

Berdasarkan hasil uji aplikasi Speedtest, angka unduh menurun hingga 1,31 Mbps dan unggah 0,21 Mbps. Dengan kecepatan ini, butuh buffer beberapa saat untuk streaming streaming musik dan video. Namun untuk sekadar browsing masih terasa lancar.

Jalur Kertosono-Surabaya

Di jalur ini kami juga tidak menemukan kendala berarti. Nomor Telkomsel yang kami gunakan bisa melakukan semua kegiatan di atas dengan lancar. Kecepatan rata-rata tertinggi kami peroleh melalui pengukuran nPerf di rest area KM 519.

Di posisi tersebut kecepatan rata-rata download mencapai 67,35 Mbps dan upload 6,82 Mbps. Kegiatan streaming YouTube dan Spotify, juga browsing bisa dilakukan dengan lancar.

Melalui pengukuran nPerf, kami mencatat bahwa Tekomsel mendapatkan kecepatan download rata-rata tertinggi 22,99 Mbps, serta upload rata-rata 2,85Mbps. Kecepatan itu diperoleh saat berada di KM 735 tol Kertosono-Surabaya.

Baca juga: Menguji Sinyal Telkomsel di 3 Objek Wisata Kota Batu Malang Jelang Lebaran

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X