iPhone Bakal Pakai Teknologi Kamera Google Pixel?

Kompas.com - 12/06/2018, 13:02 WIB

KOMPAS.com - Di tengah masifnya pasaran smartphone yang mengusung kamera ganda, atau bahkan tiga, Google Pixel sejauh ini masih bertahan dengan format kamera tunggal.

Google punya cara sendiri untuk bersaing dengan fitur bokeh dari berbagai kelas smartphone yang berbekal kamera ganda.

Tampaknya, cara tersebut akan diadopsi oleh iPhone generasi selanjutnya. Apple kabarnya sedang mendaftarkan paten untuk membuat cara kerja kamera tunggal serupa dengan fitur dual lensa.

Paten tersebut bernama "image sensing with in-pixel depth sensing", yang memungkinkan sensor tunggal dapat meniru beberapa mode yang berbeda. Teknologi ini telah digunakan sebelumnya di lini Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Gagasan yang tertera dalam paten tersebut adalah menempatkan dua photodetector dalam setiap piksel. Ketika dikombinasikan, sensor akan mampu mendeteksi detail informasi tertentu yang memungkinkan kamera untuk membuat kembali berbagai macam efek seperti efek bokeh.

Sebagai tambahan, set-up kamera nantinya juga akan mendukung format HDR. Vendor asal Cupertino, AS ini agaknya tidak ingin menarik keputusannya menyematkan modul kamera ganda di belakang perangkat yang kemudian menjadi tren di smartphone flagship hingga mid-range Android.

Baca juga: iPhone dengan 3 Kamera Belakang Meluncur 2019?

Kemungkinan, teknologi kamera ini akan memperkuat kualitas kamera depan. Dengan begitu, dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (23/6/2018), Apple tidak perlu memperlebar "notch" untuk menyematkan satu lagi lensa di depan.

Sebenarnya, paten ini merupakan kelanjutan paten yang diusulkan Apple tahun 2013 lalu, sehingga kemungkinan fanboy Apple tidak akan mendapati teknologi ini dalam waktu dekat. Teknologi kamera ini diprediksi baru akan disematkan di iPhone generasi tahun 2019 atau 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.