Mengenal "E-money" T-Cash dan Cara Mengaktifkannya

Kompas.com - 12/06/2018, 15:06 WIB
Layanan e-Money Telkomsel T-Cash. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comLayanan e-Money Telkomsel T-Cash.

KOMPAS.com - T-Cash, uang digital Telkomsel, menjadi salah satu layanan digital lifestyle yang sedang dikembangkan Telkomsel. Hingga Maret 2018 lalu, T-Cash diklaim telah memiliki 20 juta pengguna di 34 provinsi di Indonesia.

CEO Tcash, Danu Wicaksana pernah menyampaikan ingin meningkatkan jumlah pengguna T-Cash hingg sekitar 80 juta atau 100 juta orang.

"Kami akan masuk ke pengguna yang lebih bawah, seperti tukang daging di pasar tradisonal," ujar Danu kepada KompasTekno, Maret 2018 lalu.

T-Cash adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel yang telah dirilis sejak 2010. Pada 2014 lalu, layanan ini diperbarui dengan dukungan teknologi Near Field Communication (NFC).

Layanan uang elektronik T-Cash telah mendapat izin penerbitan dari Bank Indonesia. Berbeda dengan pulsa, T-Cash dapat digunakan untuk berbagai transaksi seperti belanja, membayar tagihan, membayar merchant, isi pulsa, dan kirim uang.

Ke depannya, T-Cash berencana membuka diri, bukan hanya eksklusif milik Telkomsel saja, melainkan juga bakal bekerja sama dengan operator-operator seluler lain, seperti Indosat dan XL Axiata.

Pelanggan yang tertarik bisa mengaktifkan layanan T-Cash dengan cara berikut ini:

1. Aktifkan T-Cash dengan menghubungi *800*88# melalui perangkat mobile.
2. Dapatkan stiker T-Cash di GraPARI terdekat.
3. Tempelkan stiker T-Cash pada smartphone (disarankan untuk mematikan fitur NFC yang terdapat pada smartphone atau tempel stiker di bagian yang tidak menutupi area NFC).
4. Customer service Telkomsel akan membantu pelanggan mengaktifkan nomor PIN T-Cash
5. Stiker T-Cash akan aktif pada transaksi pertama

Jika layanan T-Cash sudah aktif, maka pelanggan dapat melakukan isi saldo T-Cash melalui berbagai cara, bisa melalui GrapaRi, ATM Bersama, atau gerai Indomaret terdekat.

Setelah itu, pengguna bisa langsung menggunakan layanan T-Cash di merchant-merchant pilihan Telkomsel, seperti McDonald’s, The Coffee Bean, Baskin Robbins, Wendy’s, Seven Eleven, Cinema XXI, Blanja.com, Gramedia, dan lainnya.

Mulai akhir 2017 lalu, T-Cash juga sudah bisa digunakan untuk transaksi di SPBU Pertamina. Pada Juni 2018 ini, jumlah SPBU yang menerima pembayaran dengan T-Cash pun ditambah, meliputi SPBU-SPBU di jalur tol.

SPBU-SPBU tersebut berlokasi di Tol Cikopo – Palimanan (Cipali), Tol Palikanci, Tol Jagorawi, Tol Purbaleunyi, Tol Cikampek dan beberapa SPBU lainnya yang ada di tol-tol yang biasa dilalui pemudik di Jabotabek Jabar.

Selain itu, pembayaran SPBU dengan Tcash juga tersedia di kota-kota besar, seperti kota-kota di Jawa Tengah (Semarang) dan Jawa Timur (Surabaya/Sidoarjo).

Daftar lengkap merchant Telkomsel T-Cash bisa dilihat di tautan berikut ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X