Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2018, 16:36 WIB

KOMPAS.com - IBM dan Departemen Energi Oak Ridge National Laboratory memamerkan superkomputer ilmiah terpintar dan terkuat yang dinamakan Summit.

Menurut IBM, kemampuan olah data Summit mencapai 200.000 quadrillion kalkulasi per detik.

Ibaratnya, jika setiap manusia di muka bumi melakukan satu kalkulasi per detik, akan membutuhkan waktu 305 hari untuk bisa menyamai kemampuan superkomputer Summit yang hanya butuh waktu sedetik.

Jika akurasi tersebut tepat, Summit akan menjadi superkomputer tercepat di dunia. Gelar tersebut disabet pertama kalinya oleh IBM sejak tahun 2012.

Perancangan Summit telah dilakukan beberapa tahun lalu dengan menanamkan beberapa fitur yang impresif.

Summit akan dilengkapi 4.608 server komputasi, 22 chip IBM Power9 dan enam kartu grafis Nvidia Tesla V100. Mesinnya akan dibekali lebih dari 10 petabytes memori.

Seperti yang dibuktikan Nvidia, mesin tersebut diperuntukan unutk pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan machine learning (ML).

Summit juga digunakan untuk riset energi dan proyek ilmiah lain yang dilakukan di Kota Oak Ridge.

Dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (12/6/2018), IBM memang menjadi kontraktor umum di Departemen Energi untuk merancang Summit. Namun, proyek ini juga mendapat bantuan dari beberapa mitra industri teknologi lainnya.

Baca juga: IBM Bersiap Kalahkan China dengan Superkomputer Terkencang

Nvidia misalnya, yang menjadi salah satu pengembang papan atas kartu grafis canggih. Perusahaan sistem jaringan, Mellanox dan perusahaan open-source software Redhat juga memberikan sumbangsih untuk pengembangan Summit.

Selain Summit, ada superkomputer lain yang dikembangkan meskipun kekuatannya tak segahar Summit. Superkomputer tersebut bernama Sierra yang akan digunakan di laboratorium Lawrence Livermore National Laboratory dengan kecepatan 125 petaflops. Summit dan Sierra kabarnya akan mulai dijual secara online tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.