Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Super-Komputer Tercepat di Dunia

Kompas.com - 12/06/2018, 16:36 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - IBM dan Departemen Energi Oak Ridge National Laboratory memamerkan superkomputer ilmiah terpintar dan terkuat yang dinamakan Summit.

Menurut IBM, kemampuan olah data Summit mencapai 200.000 quadrillion kalkulasi per detik.

Ibaratnya, jika setiap manusia di muka bumi melakukan satu kalkulasi per detik, akan membutuhkan waktu 305 hari untuk bisa menyamai kemampuan superkomputer Summit yang hanya butuh waktu sedetik.

Jika akurasi tersebut tepat, Summit akan menjadi superkomputer tercepat di dunia. Gelar tersebut disabet pertama kalinya oleh IBM sejak tahun 2012.

Perancangan Summit telah dilakukan beberapa tahun lalu dengan menanamkan beberapa fitur yang impresif.

Summit akan dilengkapi 4.608 server komputasi, 22 chip IBM Power9 dan enam kartu grafis Nvidia Tesla V100. Mesinnya akan dibekali lebih dari 10 petabytes memori.

Seperti yang dibuktikan Nvidia, mesin tersebut diperuntukan unutk pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan machine learning (ML).

Summit juga digunakan untuk riset energi dan proyek ilmiah lain yang dilakukan di Kota Oak Ridge.

Dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (12/6/2018), IBM memang menjadi kontraktor umum di Departemen Energi untuk merancang Summit. Namun, proyek ini juga mendapat bantuan dari beberapa mitra industri teknologi lainnya.

Baca juga: IBM Bersiap Kalahkan China dengan Superkomputer Terkencang

Nvidia misalnya, yang menjadi salah satu pengembang papan atas kartu grafis canggih. Perusahaan sistem jaringan, Mellanox dan perusahaan open-source software Redhat juga memberikan sumbangsih untuk pengembangan Summit.

Selain Summit, ada superkomputer lain yang dikembangkan meskipun kekuatannya tak segahar Summit. Superkomputer tersebut bernama Sierra yang akan digunakan di laboratorium Lawrence Livermore National Laboratory dengan kecepatan 125 petaflops. Summit dan Sierra kabarnya akan mulai dijual secara online tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com