Facebook Akhirnya Jawab 2.000 Pertanyaan Wakil Rakyat AS

Kompas.com - 13/06/2018, 08:11 WIB
Ilustrasi Facebook IstIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg memberikan kesaksian atas skandal penyalahgunaan data sekitar 87 juta pengguna Facebook, pada 10-11 April lalu. Sayangnya, saat bersaksi di depan wakil rakyat AS, tak banyak pertanyaan yang dijawab Zuckerberg.

Dalam agenda rapat yang berlangsung selama dua hari tersebut, sebagian besar pertanyaan dijawab oleh Zuckerberg dengan "tim saya akan menindaklanjutinya", yang tentu saja tidak akan memuaskan Kongres AS.

Pada Senin (11/6/2018), tepat setelah dua bulan paska rapat dengan DPR AS, akhirnya Zukcerberg menepati janjinya. Capitol Hill merilis respon dari Facebook atas pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab saat agenda dengar pendapat.

Dalam respon setebal lebih dari 400 halaman, Facebook mengaku jika ada lebih dari 2.000 pertanyaan yang diajukan, termasuk sebelum dimulainya rapat.

Pertanyaan masih berkutat soal skandal Cambridge Analytica, target iklan, penjelasan "shadows profile" (profil bayangan) dan masih banyak lagi.

Ada beberapa pertanyaan yang disoroti Kongres, yang akhirnya dijawab oleh Facebook.

Pesaing Facebook

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bos Facebook pernah ditanya oleh salah satu senator, "siapakah kompetitor Facebook?" Namun Zuckerberg memilih bungkam. Akhirnya, Facebook menyebut beberapa perusahaan Silicon Valley yang menjadi pesaing jejaring sosial raksasa ini.

Baca juga: Ditanya Siapa Pesaing Facebook, Zuckerberg Tak Bisa Jawab

Snapchat, YouTube, Twitter, Pinterest, Vimeo, Line, Skype, WeChat dan LinkedIn adalah jajaran perusahaan yang diakui menjadi pesaing mereka.

Profil bayangan 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.