Begini Cara Download Video YouTube dan Nonton "Offline" - Kompas.com

Begini Cara Download Video YouTube dan Nonton "Offline"

Kompas.com - 13/06/2018, 14:55 WIB
Logo YouTube.Reska K. Nistanto/Kompas.com Logo YouTube.

KOMPAS.com - Perjalanan pulang ke kampung halaman atau mudik terkadang bisa sangat membosankan, terlebih jika melalui jalur darat. Kepadatan lalu lintas di beberapa titik tertentu, bisa menyebabkan waktu tempuh perjalanan meningkat hingga berjam-jam lebih lama.

Sebenarnya, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam waktu tersebut. Salah satunya adalah menonton video lewat layanan streaming, seperti YouTube.

Menonton melalui layanan Google tersebut membutuhkan internet atau paket data. Meski begitu, sebagian video yang ada di YouTube ternyata bisa disimpan atau di-download.

Di samping itu, koneksi internet di sepanjang jalur musik juga tidak bisa diprediksi jika lalu-lintas ramai. Video YouTube bisa tersendat-sendat. Tentu hal ini bisa mengganggu.

Dengan cara men-download video YouTube ini, Anda bisa menghemat paket data. Baterai juga bisa dihemat karena tidak ada konsumsi daya tambahan untuk streaming video.

Layanan YouTube Offline sebenarnya sudah tersedia sejak tahun 2014 lalu. Fitur ini mengizinkan pengguna Android dan iOS untuk menyimpan video YouTube ke perangkat untuk ditonton nantinya.

Video yang ada bisa diunduh menggunakan jaringan seluler atau Wi-Fi. Sangat disarankan untuk mengunduh menggunakan jaringan Wi-Fi dengan internet unlimited. Pasalnya, video yang ada biasanya memiliki ukuran yang cukup besar.

Meski begitu, tidak semua video yang ada di YouTube bisa disimpan secara offline. Menurut pantauan KompasTekno, video-video klip musik terbaru potongan film dari studio besar misalnya, tidak bisa diunduh.

Lantas, bagaimana cara mengunduh video di YouTube?

Langkah pertama, tentunya adalah dengan membuka aplikasi YouTube di smartphone atau tablet berbasis Android atau iOS.

Kemudian, cari video yang ingin Anda download. Buka saja video tersebut. Di bagian bawah judul, terdapat beberapa tombol, seperti thumbs up, thumbs down, dan lain-lain.

Fitur YouTube Offlineist Fitur YouTube Offline

Salah satu tombolnya adalah tombol Save. Tekan saja tombol tersebut. Setelah itu, ada pilihan kualitas video yang bisa diunduh, seperti Low (144p), Medium (360p), atau HD (720p), lengkap dengan besar file.

Pilih kualitas video yang ingin Anda simpan, kemudian klik Ok.

Yang harus menjadi perhatian, jika logo tombol "Save" dicoret, berarti video tersebut tidak bisa disimpan secara offline.

Cara menonton

Semua video yang sudah diunduh akan disimpan di media penyimpanan smartphone. Meski begitu, video tersebut hanya bisa diakses melalui aplikasi YouTube.

Untuk menemukan video tersebut, buka kembali aplikasi YouTube. Di halaman home, klik tab Library. Letaknya ada di bagian bawah, ujung kanan.

Setelah itu, klik saja "Offline videos" yang berisikan kumpulan video yang sudah diunduh sebelumnya.

Untuk menghapus video yang sudah disimpan, klik logo titik tiga di sebelah video, kemudian klik "Remove from offline videos". Cara lainnya adalah dengan masuk ke video, kemudian klik kembali tombol "Save", dan "Remove".

Selamat mencoba!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Komentar
Close Ads X