Kecerdasan Buatan Ramalkan Brasil Menangkan Piala Dunia 2018 - Kompas.com

Kecerdasan Buatan Ramalkan Brasil Menangkan Piala Dunia 2018

Kompas.com - 14/06/2018, 19:02 WIB
Trofi juara Piala Dunia dipamerkan dalam acara undian babak fase grup Piala Dunia 2018 di Istana Kremlin, Moskwa, Rusia, 1 Desember 2017.
YURI KADOBNOV / AFP Trofi juara Piala Dunia dipamerkan dalam acara undian babak fase grup Piala Dunia 2018 di Istana Kremlin, Moskwa, Rusia, 1 Desember 2017.

KOMPAS.com - Perusahaan perbankan asal Amerika Serikat, Goldman Sachs, meramalkan hasil Piala Dunia 2018 dengan basis teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

Brasil dikatakan bakal memenangkan pertandingan dengan mengalahkan Jerman pada babak final. Sebelum itu, pada semi-final ada Perancis dan Portugal yang meramaikan lapangan.

Tentu saja prediksi ini bisa melesat, meski metode pengumpulan datanya lumayan spesifik. Goldman Sachs menggunakan machine learning (ML) untuk menjalankan 200.000 model kasus.

Data performa tim dan individu dikumpulkan untuk memperkirakan skor pertandingan secara spesifik. Hasil yang didapat dicocokkan pula dengan skor semua tim dalam ajang Piala Dunia dan Piala Eropa sejak 2005.

Selanjutnya, Goldman Sachs mensimulasikan satu juta variasi turnamen untuk menghitung probabilitas kemajuan tiap tim dari masa ke masa, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (14/6/2018), dari Engadget.

Ini bukan kali pertama Goldman Sachs membuat predisi Piala Dunia. Sebelumnya, raksasa keuangan dan investasi itu pernah membuat ramalan untuk Piala Dunia 2014.

Baca juga: 5 Prediksi Tokoh Teknologi yang Meleset Total

Goldman Sachs kala itu juga mengatakan Brasil yang memenangkan turnamen, padahal kenyataannya Jerman. Akankah ramalan kali ini benar atau tetap meleset? Kita lihat saja nanti.



Close Ads X