Kompas.com - 15/06/2018, 15:10 WIB
Ilustrasi aplikasi YouTube IstIlustrasi aplikasi YouTube

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang masih mengunduh video YouTube secara ilegal menggunakan aplikasi pihak ketiga. Padahal, ada cara download video YouTube tanpa harus melanggar hak cipta.

YouTube sendiri telah memasang fitur untuk mengunduh video bernama "YouTube Offline". Sesuai namanya, video favorit bisa ditonton secara offline, tanpa menggunakan koneksi internet. Fitur yang rilis 2004 ini, bisa digunakan para pengguna YouTube mobile di iOS dan Android.

Cara download video YouTube

Di YouTube mobile, pengguna harus berada dalam koneksi internet lebih dulu saat membuka aplikasi. Sebab, cara kerja fitur ini adalah menyimpan cache dari video saat penguna sedang online.

  • Setelah membuka aplikasi YouTube, pilih video yang ingin disimpan.
  • Di bagian bawah layar YouTube terdapat menu "unduh" (download) yang disimbolkan dengan ikon anak panah ke bawah.
  • Ketuk (tap) ikon tersebut, lalu pilih opsi kualitas video, mulai dari low dengan resolusi 144 piksel, medium 360 piksel dan HD dengan 720 piksel.

Tombol unduh yang dilingkari merah untuk menyimpan video. Daftar video tersimpan bisa dilihat kembali dalam keadaan offline dalam menu library yang berlingkar biru. Video kadaluwarsa dengan tanda seru, hanya bisa dilihat saat online.Kompas.com Tombol unduh yang dilingkari merah untuk menyimpan video. Daftar video tersimpan bisa dilihat kembali dalam keadaan offline dalam menu library yang berlingkar biru. Video kadaluwarsa dengan tanda seru, hanya bisa dilihat saat online.
Kemudian, tunggu beberapa saat sampai unduhan selesai. Untuk melihat daftar video yang berhasil diunduh, buka menu "library" yang berada di sisi bawah. Sebagai catatan, agar video bisa ditonton secara utuh, video yang ingn disimpan harus termuat sepenuhnya pula.

Baca juga: Di Indonesia, YouTube Bisa Diputar Offline

Sebelumnya, video yang diunduh hanya akan bisa ditonton secara offline dalam kurun waktu 48 jam saja. Namun kini, durasi YouTube offline diperpanjang hingga 29 hari di perangkat. Lewat dari tenggat tersebut, video tidak akan bisa ditonton.

YouTube juga menyediakan fitur "tonton nanti" di mana pengguna bisa menyimpan video pilihan untuk ditonton lain waktu. Caranya, klik menu "add to" (tambah), lalu pilih "watch later" (tonton nanti).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbeda dengan fitur YouTube Offline, fitur tonton nanti bisa digunakan baik di mobile maupun desktop. Dengan fitur ini, video hanya akan tersimpan di "library" dan untuk menontonnya tetap membutuhkan koneksi internet.

Meski demikian, tidak semua video bisa diunduh dan disaksikan secara offline. Kebanyakan, untuk video musik tidak bisa diunduh karena terlindungi hak cipta.

Baca juga: Tinggalkan Facebook, Remaja Beralih ke YouTube dan Instagram

Hal ini juga tergantung pada pemilik akun apakah menyediakan videonya untuk diunduh atau tidak.

Dari pengamatan KompasTekno, sebagian besar video di kategori berita dan video dari YouTuber terkenal Indonesia bisa diunduh menggunakan fitur YouTube Offline.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.