Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 15/06/2018, 15:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang masih mengunduh video YouTube secara ilegal menggunakan aplikasi pihak ketiga. Padahal, ada cara download video YouTube tanpa harus melanggar hak cipta.

YouTube sendiri telah memasang fitur untuk mengunduh video bernama "YouTube Offline". Sesuai namanya, video favorit bisa ditonton secara offline, tanpa menggunakan koneksi internet. Fitur yang rilis 2004 ini, bisa digunakan para pengguna YouTube mobile di iOS dan Android.

Cara download video YouTube

Di YouTube mobile, pengguna harus berada dalam koneksi internet lebih dulu saat membuka aplikasi. Sebab, cara kerja fitur ini adalah menyimpan cache dari video saat penguna sedang online.

  • Setelah membuka aplikasi YouTube, pilih video yang ingin disimpan.
  • Di bagian bawah layar YouTube terdapat menu "unduh" (download) yang disimbolkan dengan ikon anak panah ke bawah.
  • Ketuk (tap) ikon tersebut, lalu pilih opsi kualitas video, mulai dari low dengan resolusi 144 piksel, medium 360 piksel dan HD dengan 720 piksel.

Tombol unduh yang dilingkari merah untuk menyimpan video. Daftar video tersimpan bisa dilihat kembali dalam keadaan offline dalam menu library yang berlingkar biru. Video kadaluwarsa dengan tanda seru, hanya bisa dilihat saat online.Kompas.com Tombol unduh yang dilingkari merah untuk menyimpan video. Daftar video tersimpan bisa dilihat kembali dalam keadaan offline dalam menu library yang berlingkar biru. Video kadaluwarsa dengan tanda seru, hanya bisa dilihat saat online.
Kemudian, tunggu beberapa saat sampai unduhan selesai. Untuk melihat daftar video yang berhasil diunduh, buka menu "library" yang berada di sisi bawah. Sebagai catatan, agar video bisa ditonton secara utuh, video yang ingn disimpan harus termuat sepenuhnya pula.

Baca juga: Di Indonesia, YouTube Bisa Diputar Offline

Sebelumnya, video yang diunduh hanya akan bisa ditonton secara offline dalam kurun waktu 48 jam saja. Namun kini, durasi YouTube offline diperpanjang hingga 29 hari di perangkat. Lewat dari tenggat tersebut, video tidak akan bisa ditonton.

YouTube juga menyediakan fitur "tonton nanti" di mana pengguna bisa menyimpan video pilihan untuk ditonton lain waktu. Caranya, klik menu "add to" (tambah), lalu pilih "watch later" (tonton nanti).

Berbeda dengan fitur YouTube Offline, fitur tonton nanti bisa digunakan baik di mobile maupun desktop. Dengan fitur ini, video hanya akan tersimpan di "library" dan untuk menontonnya tetap membutuhkan koneksi internet.

Meski demikian, tidak semua video bisa diunduh dan disaksikan secara offline. Kebanyakan, untuk video musik tidak bisa diunduh karena terlindungi hak cipta.

Baca juga: Tinggalkan Facebook, Remaja Beralih ke YouTube dan Instagram

Hal ini juga tergantung pada pemilik akun apakah menyediakan videonya untuk diunduh atau tidak.

Dari pengamatan KompasTekno, sebagian besar video di kategori berita dan video dari YouTuber terkenal Indonesia bisa diunduh menggunakan fitur YouTube Offline.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com