Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 3GS Kembali Dijual, Harga Rp 500.000-an

Kompas.com - 17/06/2018, 11:11 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone 3GS pertama kali diperkenalkan sekitar sembilan tahun lalu, tepatnya pada 8 Juni 2009. Ponsel tersebut sudah lama disetop produksinya oleh Apple, seiring kemunculan iPhone generasi baru.

Kendati begitu, operator telekomunikasi Korea Selatan, SK Telink, berniat menjual kembali iPhone 3GS. Harganya dipatok 44.000 won atau sekitar Rp 554.000.

Penjualan dimulai pada akhir bulan ini di toko online SK Seven milik SK Telink. Sang operator tak memberlakukan kontrak, sehingga pembeli bisa memakai iPhone 3GS dengan kartu SIM dari operator seluler manapun yang mendukung.

Baca juga: Bocoran iPhone X Versi Murah dan iPhone X Plus

“iPhone 3GS dirilis untuk merayakan pembukaan mall online SK Seven, sembari memberikan pilihan yang lebih beragam kepada masyarakat atas ponsel,” kata juru bicara SK Telink.

SK Telink menegaskan bahwa iPhone 3GS yang hendak dijual bukanlah hasil rekondisi alias refurbished, melainkan perangkat yang terlanjur dirilis tetapi tak pernah sampai ke tangan pembeli.

Hampir satu dekade mendekam di gudang, lini-lini iPhone 3GS itu bakal dibuka satu per satu dari kemasannya. Hal ini untuk mengetes apakah perangkat masih dalam keadaan layak, ditilik dari baterai dan komponen-komponen lainnya.

Jika masih, maka SK Telink akan mengemasnya kembali dan mengirimkan kepada para pembeli, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (17/6/2018), dari VentureBeat.

iPhone 3GS belum mendukung jaringan internet cepat 4G LTE (hanya 3G). Sistem operasinya pun hanya sampai iOS 6.

Jadi, perangkat tersebut tak bisa menjalankan banyak aplikasi yang hari ini ramai digunakan. Hanya fungsi-fungsi pokok ponsel yang terbenam pada iPhone 3GS, antara lain SMS, telepon, dan memutar MP3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com