Versi Android Ini Tak Bisa Jalankan WhatsApp 2 Tahun Lagi

Kompas.com - 18/06/2018, 09:21 WIB
Ilustrasi WhatsApp IstIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Dalam rentang waktu dua tahun mendatang, atau tepatnya pada Februari 2020, WhatsApp bakal mengakhiri dukungan untuk sistem operasi Android 2.3.7 Gingerbread.

Hal ini berarti perangkat apa pun yang masih memakai sistem operasi Android Gingerbread, tidak akan bisa lagi menjalankan aplikasi WhatsApp sebagai alat pengiriman pesan instan.

Keputusan WhatsApp untuk mengakhiri dukungan terhadap Android 2.3.7 Ginggerbread tersebut wajar saja. Apalagi sistem operasi buatan Google itu sudah cukup lawas, usianya mencapai 10 tahun.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mobilesyrup, Senin (18/6/2018), Android 2.3.7 Gingerbread dirilis ke publik pertama kali pada 2010. Sekarang, jumlah penggunanya juga kian menipis.

Baca juga: 2017, Google Pensiunkan Android Gingerbread dan Honeycomb

Data yang dirilis oleh Google pada Mei 2018 lalu, saat ini hanya 0,3 persen dari total pengguna Android yang masih memakai Android Gingerbread. Namun raksasa internet itu tak merinci perangkat model apa saja yang masih memakai sistem operasi lawas tersebut.

Pada 2011 dan 2012 sendiri terdapat cukup banyak smartphone yang masih memakai Android 2.3.7 Gingerbread. Beberapa di antaranya adalah Sony Xperia Advance, Xperia U, Xperia Go, Samsung Galaxy S2, Motorola Fire, dan MotoLuxe.

Selain menghentikan dukungan untuk Android tipe tersebut, WhatsApp juga mengumumkan bakal berhenti mendukung iOS 7 dan sejumlah versi iOS yang lebih lawas. Nokia S40 pun sudah tidak lagi bisa memakai WhatsApp selepas 31 Desember 2018.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X