Pengguna Android Kini Bisa Kirim SMS dari Komputer, Begini Caranya

Kompas.com - 19/06/2018, 08:28 WIB

KOMPAS.com - Layanan pesan singkat “Android Messages” kini tersedia di browser desktop (komputer). Pengguna bisa mengobrol maya dengan lebih fleksibel dari smartphone ke browser web komputer, pun sebaliknya.

Mekanisme peralihannya sama seperti WhatsApp untuk desktop. Pengguna cukup membuka situs (messages.android.com) di browser komputer, lantas laman akan menunjukkan QR Code untuk dipindai (scan).

Ambil smartphone, buka aplikasi Messages (SMS), tekan menu tiga titik, dan pilih opsi “Messages for web”. Scan QR Code yang ditampilkan pada situs di desktop, lalu Anda bisa mulai bertukar SMS, MMS, atau rich communication service (RCS).

RCS adalah protokol komunikasi dalam bentuk seperti chat (bisa bertukar GIF, tautan/link URL, foto, video, obrolan grup, dll) yang hanya berlaku antar-pengguna. Bisa antar-pengguna jenis ponsel tertentu, antar-pengguna operator seluler tertentu, atau antar-pengguna sistem operasi tertentu.

Baca juga: SMS Pertama di Dunia Dikirim 25 Tahun Lalu, Apa Isi Pesannya?

Konsep RCS pada Android Messages serupa dengan “iMessage” milik Apple. Jika iMessage eksklusif untuk pengguna iOS, maka Android Messages pun dirancang khusus untuk pengguna Android.

Meski sudah diumumkan resmi, fitur Android Messages untuk desktop sepertinya tersedia secara perlahan. Pasalnya, ketika KompasTekno coba, belum tersedia pilihan "Messages for web".

Fitur yang lebih kaya

Selain memungkinkan akses desktop, Android Messages juga dilengkapi beberapa pembaruan fitur. Salah satunya “GIF Search” yang memungkinkan pengguna mencari dan mengirim GIF sesuai konteks untuk menunjang percakapan.

Pengguna juga bisa memanfaatkan “Smart Reply” yang sebelumnya dibenamkan pada Gmail. Fitur itu akan menghemat waktu pengguna untuk membalas pesan-pesan tertentu secara otomatis.

Tautan-tautan yang dikirim teman juga bisa dilihat lebih dulu secara singkat alias preview, sebelum benar-benar membukanya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (19/6/2018), dari blog resmi Google.

Diketahui, Google gencar menggarap Android Messages pasca menangguhkan layanan pesan singkat “Allo”. Pasalnya, Allo kurang mendapar respons positif dari masyarakat. Lantas apakah Android Messages akan digunakan secara masif? Kita lihat saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.