Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Hapus Pemesanan Uber lewat Maps

Kompas.com - 19/06/2018, 11:39 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google telah menghapus fitur pemesanan Uber di aplikasi Maps untuk Android. Hal ini menyusul langkah serupa yang lebih dulu dilakukan pada Maps untuk iOS beberapa waktu lalu.

Belum jelas apa alasan Google menghapus fitur pemesanan Uber dari Maps untuk seluruh pengguna Android. Namun langkah tersebut membuat Uber seolah turun kasta, dan kembali setara dengan aplikasi ride hailing lainnya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (19/6/2018), pada awal 2017 lalu hanya Uber yang benar-benar bisa dipesan langsung dari aplikasi Google Maps, tanpa pengguna harus membuka aplikasi Uber.

Menyusul kemudian layanan ride hailing lain, seperti grab dan Go-Jek di Indonesia. Uber sendiri telah menyerahkan bisnisnya di Asia Tenggara ke Grab, jadi langkah Google ini tidak berimbas kepada pengguna di Indonesia.

Baca juga: Begini Tampilan Aplikasi Uber setelah Resmi Berhenti Beroperasi

Meski demikian, pengguna lain di negara-negara Uber beroperasi, sudah tidak bisa lagi mengakses pemesanan dari Google Maps Android.

Pasca fitur pemesanan itu dihapus, maka pengguna hanya bisa melihat rute serta estimasi tarif perjalanan saja. Ketika ingin melakukan pemesanan, maka pengguna akan diarahkan untuk membuka aplikasi Uber.

Selain Uber, ada juga aplikasi ride hailing lain yang tarif perjalanannya bisa dilihat melalui Google Maps. Beberapa di antaranya adalah Lyft dan Gett. Sedangkan di Indonesia sendiri ada Grab dan Go-Jek.

Untuk diketahui, Alphabet, yang merupakan induk dari Google telah melakukan investasi besar-besaran pada Lyft yang merupakkan perusahaan ride hailing pesaing Uber. Tidak diketahui apakah hal ini menjadi penyebab penghapusan fitur pemesanan itu atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com