Kompas.com - 19/06/2018, 12:04 WIB
PlayStation VR. EngadgetPlayStation VR.


KOMPAS.com - Sony memang belum berbicara banyak soal konsol PlayStation generasi berikutnya. Namun kabarnya, PlayStation 5 akan diluncurkan pada 2020 mendatang.

Kabar tersebut terungkap dari seorang sumber dalam yang enggan disebutkan identitasnya. Menurut sumber tersebut, PlayStation 5 bakal dipersenjatai prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU) besutan AMD, sama seperti PlayStation 4.

Dikutip KompasTekno dari The Inquirer, Selasa (19/6/2018), berdasarkan keterangan sumber tersebut, CPU AMD yang akan digunakan berarsitektur Zen dan dipadankan dengan GPU Navi.

Kabarnya, AMD pun sangat serius dalam menggarap kerja sama dengan perusahaan asal Jepang itu. Sampai-sampai, AMD disebut-sebut tengah mengembangkan GPU Navi khusus untuk PlayStation 5.

Inilah yang juga diduga kuat menjadi alasan mengapa AMD tidak memperkenalkan GPU teranyarnya pada gelaran Computex 2018, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Penggemar Banyak tapi Penjualan Seret, PlayStation 4 Bakal Dipensiunkan?

PlayStation 4 Pro (kiri) dan PlayStation 4 versi rampingSony PlayStation 4 Pro (kiri) dan PlayStation 4 versi ramping
Kerja sama antara AMD dan Sony dalam mengembangkan GPU Navi diduga sudah berlangsung cukup lama, yakni sejak sekitar akhir 2017 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penjualan PS4 menurun

Kendati begitu, belum ada keterangan resmi dari pihak Sony terkait bocoran yang beredar ini.
Namun beberapa waktu lalu, CEO Sony Interactive Entertaiment, John Kodera mengatakan bahwa perusahaan telah mulai mengesampingkan konsol PlayStation 4 karena terjadinya penurunan penjualan.

Bahkan penurunan angka penjualan PlayStation 4 diprediksi cukup signifikan hingga akhir tahun 2018 mendatang, yakni dari 19 juta unit pada akhir 2017 menjadi 16 juta unit dalam periode yang sama.

Baca juga: Bos PlayStation Hengkang

John Kodera pun menegaskan bahwa PS4 akan segera dipensiunkan dan diganti oleh penerusnya. Kepada analis dan investor di Sony IR Day, Kodera mengatakan, tahun 2021 mendatang akan menjadi tahun yang penting untuk PlayStation.

Pernyataan Kodera inilah yang kemudian memunculkan dugaan bahwa penerus PS4 akan diluncurkan pada 2020, dan 2021 menjadi pembuktian PlayStation 5 di pasar.

Dengan terkuaknya informasi baru ini, maka akan sangat menarik untuk mencermati langkah-langkah selanjutnya yang dilakukan Sony dalam merancang konsol generasi berikutnya, yakni PlayStation 5.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.