Inikah Bukti Samsung Pernah Batalkan Ponsel Layar Lipat?

Kompas.com - 19/06/2018, 13:21 WIB
Foto yang diklaim sebagai rancangan Samsung layar tekuk yang kemudian dibatalkan. Slash Leak via Android AuthorityFoto yang diklaim sebagai rancangan Samsung layar tekuk yang kemudian dibatalkan.

KOMPAS.com - Smartphone layar tekuk pertama, digadang-gadang akan dinobatkan ke Samsung Galaxy X yang diperkirakan akan rilis tahun depan. Tampaknya, pembuatan smartphone layar tekuk cukup rumit, sehingga butuh waktu bertahun-tahun bagi Samsung untuk benar-benar siap memasarkannya.

Bukan tanpa hambatan, Samsung disebut pernah membatalkan rancangan smartphone layar tekuk dengan kode nama Project V, yang merujuk pada Project Valley.

Salah satu pengguna Twitter di China mengunggah beberapa foto yang diklaim menjadi rancangan sangat awal smartphone layar tekuk Samsung.

Jika memang klaim tersebut benar, bisa jadi rancangan ini masih sangat mentah. Alih-alih layar yang bisa ditekuk seperti sketsa yang beredar belakangan, foto tersebut lebih menampakan dua buah unit smartphone dengan ketebalan berbeda, yang dilekatkan dengan sebuah engsel di sisi atas dan bawah.

Baca juga: Harga Ponsel Layar Tekuk Samsung Capai Rp 27 Juta?

Dua smartphone tersebut bisa dilipat ke belakang, sehingga sisi muka dan punggunya akan menampilkan display. Ponsel yang disbeut memiliki kode nomor SM-G929F ini kabarnya mulai dirancang tahun 2015 untuk dirilis tahun 2016.

Namun hingga saat ini, model perangkat seperti yang ditampilkan tidak pernah muncul. Desain dalam foto tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Android Authority, Selasa (19/6/2018), sangat mirip dengan desain smartphone layar lipat ZTE Axon M yang sempat diperkenalkan akhir 2017.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti rumor Galaxy X sebelum-sebelumnya, rumor satu ini pun belum tentu benar. Juru bicara Samsung Display, Kim Ho-jeong mengatakan jika vendor asal Korea Selatan tersebut tidak pernah mengeluarkan detail spesifikasi Galaxy X.

Samsung enggan ambil risiko, jika kompetitornya seperti Huawei dan ZTE melangkahi mereka sebagai vendor layar tekuk pertama. Sebab, keduanya disebut-sebut juga sedang menggarap smartphone layar tekuk. Kabarnya, Galaxy X akan dijual seharga Rp 27 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.