Kompas.com - 19/06/2018, 18:15 WIB
Logo Samsung Venture BeatLogo Samsung

KOMPAS.com - Samsung dituntut membayar denda 400 juta dollar AS (Rp 5,6 triliun) ke lembaga lisensi Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). KAIST adalah salah satu universitas penelitian paling unggul di Korea Selatan.

Adapun hukuman denda Samsung menyusul pelanggaran paten yang berkaitan dengan teknologi semikonduktor, lebih tepatnya FinFet. Teknologi tersebut adalah kunci dalam produksi chipset bagi perangkat mobile.

Selain Samsung, Qualcomm dan GlobalFoundries juga diduga melanggar paten serupa. Hanya saja, hingga kini kedua perusahaan tersebut belum diminta membayar kompensasi.

Keputusan denda ini dibuat oleh hakim federal di Texas, Amerika Serikat. Menurut hasil investigasi, pelanggaran paten oleh Samsung bersifat sengaja, sehingga tuntutan hukumnya bisa jadi ditingkatkan tiga kali lipat.

Baca juga: Lirikan Mahasiswi ke Apple Watch yang Berujung Denda Rp 4 Juta

Samsung sendiri masih bersikeras membantah telah melanggar paten. Menurut raksasa Korea Selatan tersebut, pihaknya justru membantu KAIST ketika mengembangkan teknologi FinFet.

“Kami akan mempertimbangkan semua opsi untuk hasil yang masuk akal, termasuk banding,” kata perwakilan Samsung, sebagaimaan dihimpun KompasTekno, Selasa (19/6/2018), dari Cnet.

Bulan lalu, Samsung sesumbar generasi chipset terakhirnya yang menggunakan FinFet akan diproses dengan 4-nanometer. Hal ini diharapkan mampu mengurangi kinerja elektronik dan meningkatkan performa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.