Gamer "Mobile Legends" Sumbang Trafik Data Terbesar Tri Saat Lebaran

Kompas.com - 20/06/2018, 16:07 WIB
Ilustrasi kartu perdana Tri IstIlustrasi kartu perdana Tri

KOMPAS.com - Musim mudik dan Lebaran 2018 layanan internet Hutchison Tri Indonesia (Tri) mengalami lonjakan trafik signifikan. Penyebabnya antara lain karena pemakaian internet untuk akses game online serta media sosial.

Chief Technology Officer Tri, Desmond Cheung mengatakan bahwa peningkatan trafik internet tersebut mencapai 11 persen dibandingkan hari biasa. Sedangkan secara year on year, atau dibandingkan periode sama di tahun lalu, peningkatan trafik tersebut mencapai 90 persen.

Uniknya, 91 persen dari lonjakan trafik data di musim lebaran 2018 itu terjadi karena akses game online, yakni Mobile Legends. Adapun game tersebut merupakan salah satu yang populer di kalangan milenial dan kerap dilombakan sebagai e-sports.

Setelah itu, terlihat juga penggunaan aplikasi WhatsApp untuk pengiriman pesan dan panggilan video; serta akses streaming video melalui aplikasi YouTube.

“Kami telah berhasil mentransformasikan core network system yang tersebar di 19 kota, sehingga pengaturan trafik komunikasi data Tri tidak terpusat," ujar Desmond melalui keterangan resmi pada KompasTekno, Rabu (20/6/2018).

Baca juga: Frekuensi 2,1 GHz Dipakai Tri untuk Perkuat Sinyal di Jalur Mudik

"Sehingga  saat ini pelanggan Tri dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi  instant messaging dengan lebih cepat," imbuh Desmond.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Tri telah mempersiapkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi, khususnya pada layanan data. Di antarnaya dengan cara menambah kapasitas jaringan di 2.500 unit BTS 4G LTE dan 2.800 BTS 3G, dengan memanfaatkan kanal baru di 2100 Mhz.

Adapun total BTS yang memancarkan sinyal Tri saat ini sebanyak 55.000 unit, termasuk 15.000 diantaranya BTS 4G LTE. Jaringan yang sudah ada juga telah dioptimalkan, dipusatkan pada sepanjang 2.600 km jalur mudik utamanya jalur Jakarta-Surabaya, Jakarta-Merak, Jakarta-Bandung, Bandung-Yogyakarta, Jalur Pantura dan Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.