Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2018, Trafik Data Indosat Melonjak 73 Persen

Kompas.com - 21/06/2018, 14:38 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo mencatat penggunaan data hingga 4,867.58 terabyte per hari pada Hari Raya Idul Fitri. Angka ini meningkat 73.03 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

H-3 sebelum lebaran atau bertepatan dengan puncak arus mudik 2018, penggunaan data pelanggan Indosat Ooredoo mencapai 5.338,47 terabyte per hari atau naik 49,70 persen dibanding trafik data reguler pada hari biasa.

Peningkatan trafik data yang signifikan ini disebut sejalan dengan tren penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi yang semakin meningkat. Indosat Ooredoo mengklaim telah menaikan kapasitas jaringan menghadapi periode mudik dan Lebaran tahun ini.

Pemantauan intensif kualitas jaringan dan layanan juga dilakukan, serta pengaktifan Command Center atau ruang kendali darurat Lebaran yang beroperasi selama 24 jam.

Layanan suara dan SMS turun

Bertolak belakang dengan konsumsi layanan data, Indosat Ooredoo mencatat penurunan pada layanan suara dan SMS selama Lebaran 2018.

Dibanding penggunaan reguler hari biasa, traffic  voice (telepon) jatuh di angka 153,91 juta menit, turun sekitar 17,37 persen. Sementara trafik SMS turun 15,11 persen, menjadi 137,18 juta SMS.

Baca juga: Lebaran, Trafik Internet Telkomsel Capai 12,89 Petabyte

Keberhasilan pengiriman SMS antar sesama pelanggan Indosat Ooredoo mencapai lebih dari 94,83 persen dan pengiriman SMS ke operator lain mencapai 95,32 persen. Artinya, dari keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (20/6/2018), tidak ada permasalahan signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat Ooredoo maupun antar operator, meski terjadi kepadatan jalur pengiriman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com