Sambut Jaringan 5G, Huawei Siapkan Chip Kirin 1020

Kompas.com - 21/06/2018, 18:12 WIB
Huawei ReutersHuawei

KOMPAS.com - HiSilicon Technologies, anak perusahaan milik Huawei dikabarkan tengah menyiapkan prosesor kelas atas teranyar. Chipset itu digadang-gadang memiliki kemampuan dua kali lipat lebih cepat dari Kirin 970.

Menurut sebuah laporan, chipset Kirin 1020 yang tengah dipersiapkan ini akan mendukung kemampuan jaringan internet generasi kelima alias 5G. Meski belum ada kabar pasti, besar dugaan chipset ini akan diluncurkan bersamaan dengan ponsel pertama berkemampuan 5G.

Dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (21/6/2018), saat ini Kirin 970 memang masih menjadi chipset andalan untuk ponsel kelas atas Huawei. Chipset ini juga menjadi prosesor pertama yang memiliki on-board AI chip.

Sayangnya dengan spesifikasi ini, Kirin 970 dianggap masih belum mampu menyamai Snapdragon 845. Chip besutan Qualcomm ini secara teknis masih memiliki kemampuan di atas Kirin 970, baik dari segi kecepatan maupun efisiensi daya.

Baca juga: Qualcomm Pamer Smartphone 5G Pertama

Sebagai perbandingan, Kirin 970 memilki CPU 8-inti yang mencakup 4 unit Cortex A73 dengan kecepatan 2,4 Ghz dan 4 unit Cortex 53 dengan kecepatan 1,8 Ghz. 

Kirin 970 pun memiliki kemampuan prosesor grafis 20 persen lebih baik dari versi sebelumnya, serta tingkat konsumsi daya 50 persen lebih rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kirin 1020 yang tengah dikembangkan ini diharapkan dapat mampu bersaing dengan prosesor kelas atas besutan Snapdragon. Sebagaimana diketahui, saat ini pangsa pasar chip mobile memang tengah dikuasai oleh Qualcomm.

Huawei sendiri bukan vendor ponsel pertama yang membuat chip secara mandiri. Samsung dan Apple pun demikian, mereka memproduksi chipset buatan sendiri demi memangkas biaya produksi, dan meminimalisasi risiko dari ketergantungan pada produsen pihak ketiga.

Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut, ponsel apa saja yang nantinya akan menggunakan prosesor ini. Tapi biasanya, chipset Kirin hanya akan digunakan pada ponsel Huawei atau Honor.

Kendati demikian sampai berita ini ditayangkan Huawei pun belum memberikan komentar resmi terkait hal ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.