Kompas.com - 22/06/2018, 07:23 WIB

KOMPAS.com - Microsoft resmi meluncurkan aplikasi pengumpul berita (news aggregator) bernama Microsoft News. Aplikasi ini dibuat sebagai pengganti MSN News untuk iOS dan Android.

Lewat sebuah postingan di blog resminya, Microsoft mengatakan bahwa aplikasi ini adalah hasil pengembangan serta pembaruan sistem dari MSN News. Microsoft memberikan sentuhan penyegaran agar MSN kembali memiliki daya tarik yang menggaet minat pengguna.

Microsoft News dipoles baik dari sisi teknis maupun tampilan. Aplikasi ini dipersenjatai dengan alogaritma yang membuat berita yang muncul lebih relevan untuk pengguna. Selain itu ada juga beberapa penambahan fitur seperti notifikasi breaking news, tema "dark mode", hingga integrasi dengan iOS dan Android melalui widget.

"Keanekaragaman di newsroom dan penerbit yang menjadi mitra kami merupakan daya tarik utama dari Microsoft News," tulis Microsoft dalam blog resminya.

"Kami dengan hati-hati menyusun halaman kami setiap hari untuk menyajikan banyak sisi cerita dan mengumpulkan berbagai macam potongan opini -yang kami tandai dengan jelas- untuk membantu pembaca lebih memahami isi berita," lanjut Microsoft.

Baca juga: Facebook Uji Fitur Langganan Berita

Menurut Rob Bennet, Pemimpin Redaksi Microsoft News, aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengumpulkan berita yang lebih relevan sesuai dengan keinginan pengguna.

Selain itu Microsoft News menggunakan lebih dari 800 editor di seluruh dunia untuk menentukan berita-berita pilihan yang akan ditayangkan pada aplikasi ini.

"Microsoft News juga akan mendistribusikan berita-berita di Microsoft Edge, aplikasi News di Windows 10, Skype, Xbox hingga Outlook.com," kata Bennet sebagaimana dikutip KompasTekno dari Engaget, Jumat (22/6/2018).

Ia menambahkan bahwa Microsoft telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 1.000 penerbit dan 3.000 media di seluruh dunia. Dengan begitu menurutnya, pengguna bisa mendapatkan informasi yang lebih beragam dari masing-masing kategori yang diminati.

Di iOS dan Android, aplikasi Microsoft News datang melalui pembaruan ke aplikasi MSN lawas. Microsoft tampaknya mulai mengganti brand MSN dengan Microsoft News agar bisa berkompetisi dengan pesaingnya yakni Apple News dan Google News.

Tentu saja bukan hanya Microsoft. Google, Apple bahkan Facebook juga memiliki layanan serupa. Malah mereka sudah lebih dulu terjun dalam industri pengumpul berita ini ketimbang Microsoft.

Karena itulah Microsoft News mendapat lebih banyak tantangan untuk mengejar kompetitornya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.