Kompas.com - 22/06/2018, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Kreator konten YouTube atau yang kerap disebut YouTuber kini tak lagi harus bergantung pada iklan untuk mendulang pendapatan. YouTube membuka kesempatan monetisasi baru lewat metode keanggotaan berbayar hingga penjualan merchandise.

Menurut Neal Mohan, Direktur Produk YouTube, cara monetisasi ini dibuat agar para kreator konten dapat lebih betah dan terus berkreasi di YouTube. Ia juga mengatakan bahwa inovasi ini dibuat untuk memberikan lebih banyak pilihan pada pengguna untuk mendulang uang.

"Angka kreator konten meningkat 40 persen dari tahun sebelumnya. Sebagian besar pendapatan berasal dari mitra iklan kami. Kami akan terus berinvestasi di sini, tetapi kami juga ingin berpikir di luar iklan," ungkap Neal dalam blog resminya.

3 cara baru

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Jumat (22/6/2018), setidaknya ada tiga cara baru bagi kreator konten YouTube untuk menambang uang.

Pertama dengan keanggotaan berbayar. Dengan cara ini YouTuber bisa menawarkan kepada penonton untuk mendapat akses ke konten eksklusif dengan cara berlangganan setiap bulan.

Baca juga: YouTuber Kondang PewDiePie Bakal Pensiun 6 Bulan Lagi?

Konten eksklusif itu bisa berupa video, emoji, badge atau fasilitas ekstra lainnya sesuai dengan keinginan pemilik channel. Konten kreator yang ingin menggunakan fitur ini setidaknya harus memiliki minimal 100 ribu subscriber.

Tarif yang dibebankan pada pengguna yang ingin mendapat konten eksklusif dan fasilitas ekstra ini adalah sekitar 4,99 dollar AS atau sekitar Rp 70 ribu setiap bulannya. YouTube pun mengambil potongan biaya keanggotaan sebsar 30 persen dari setiap pengguna.

Program ini sebenarnya sudah tersedia untuk beberapa channel melalui tombol "sponsor" selama fase uji coba.

YouTube Pop-Up Space Jakarta digelar untuk ketiga kalinya.Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com YouTube Pop-Up Space Jakarta digelar untuk ketiga kalinya.
Cara kedua adalah dengan penjualan merchandise langsung dari channel YouTube mereka. Fitur ini diluncurkan Google agar kreator bisa membuat benda-benda seperti T-shirt, mug, stiker, atau boneka yang menjadi ciri khas kreator tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber MASHABLE
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.