Canon Rancang Lensa Kit 18-55 mm Ber-LCD

Kompas.com - 22/06/2018, 17:36 WIB
Ilustrasi PetaPixelIlustrasi

KOMPAS.com - Sebuah bocoran paten yang diajukan oleh Canon mengindikasikan adanya rancangan lensa kit 18-55 milimeter baru dengan fitur layar LCD.

Keberadaan fitur LCD itu pertama kali ditemukan terselip dalam dokumen paten JP2018005130A tentang teknik mengurangi penyimpanan (aberration) di lensa kamera interchangeables.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Kamis (21/6/2018), di dalam dokumen tersebut terdapat ilustrasi lensa yang mirip dengan kit 18-55 mm F/3.5-5.6 IS III, tetapi memiliki satu referensi tambahan bernama “lens information display”.

Pada ilustrasi lensa tersebut,  “lens information display” terletak di samping tombol AF/MF dan IS ON/OFF. Namun tidak diperlihatkan informasi apa saja yang bakal tampil di sana.

Ide “lens information display” sendiri bukan hal baru. Tetapi selama ini fitur tersebut selalu disematkan pada lensa yang harga banderolnya cukup mahal.

Perusahaan yang pertama kali mewujudkan ide tersebut adalah Zeiss. Mereka menyematkan “lens information display” pada lensa seri Bastis yang dirilis pada April 2015 silam.

Selanjutnya, pada September 2016, Canon mengikuti langkah itu dengan merilis lensa 70-300 mm F/4-5.6 IS II pertama yang memakai fitur “lens information display”. Informasi yang ditampilkan ada beberapa jenis, mulai dari jarak serta penanda depth of field, focal length hingga grafis terkait guncangan pada lensa.

Baik lensa Zeiss ataupun Canon tersebut dibanderol dengan harga tinggi. Zeiss melepas rangkaian lensa Bastis dengan harga lebih dari 1.000 dollar AS atau setara Rp 14 juta; sedangkan Canon merilis 70-300 mm F/4-5.6 IS II pada kisaran 500 dollar AS atau setara Rp 7 juta.

Karena itu merupakan sebuah langkah besar jika paten lensa kit berlayar LCD itu terwujud. Apalagi lensa kit 18-55 mm rata-rata dibanderol dengan harga murah, sekitar 200 dollar AS atau setara Rp 2,8 juta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PetaPixel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X