Microsoft Luncurkan Fitur Pencarian Lewat Foto Mirip Google Lens

Kompas.com - 23/06/2018, 09:22 WIB
Microsoft luncurkan fitur visual search serupa dengan Google Lens EngadgetMicrosoft luncurkan fitur visual search serupa dengan Google Lens

KOMPAS.com - Untuk pencarian berbasis teks di dunia maya, tak perlu diragukan lagi, Google rajanya. Tapi Microsoft melihat peluang lain untuk jadi jagoan pencari berbasis gambar.

Raksasa teknologi yang dikepalai Satya Nadella ini meluncurkan fitur bernama Visual Search yang terintegrasi dengan Bing, Microsoft Launcher dan Microsoft Edge. Dengan fitur ini, pengguna bisa mencari informasi di dunia maya lewat foto atau gambar tertentu.

Fitur ini sudah mulai diluncurkan secara bertahap di wilayah Amerika Serikat. Untuk saat ini, fitur Visual Search baru tersedia dalam aplikasi Bing, Microsoft Launcher (hanya Android) dan Microsoft Edge untuk Android. Sementara untuk iOS akan dirilis dalam beberapa waktu mendatang.

Dikutip KompasTekno dari Engadget, Jumat (22/6/2018), Visual Search sejatinya dibuat berdasarkan kemampuan Intelligent Search yang dimiliki Bing sejak akhir tahun 2017 lalu.

Sesuai dengan namanya, kemampuan ini menggunakan kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) dalam mengumpulkan informasi sesuai dengan kata kunci yang masukkan oleh pengguna.

Baca juga: Bing Bakal Makin Pintar dengan Kecerdasan Buatan

Perbedaannya jika Intelligence Search hanya berbasis teks seperti Google, Visual Search mampu mengidentifikasi gambar dan menampilkan informasi terkait yang relevan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebagai contoh, bayangkan ketika Anda melihat sebuah landmark atau setangkai bunga dan ingin mempelajari lebih lanjut soal objek tersebut. Ambil saja gambarnya lewat salah satu aplikasi ini dan Bing akan memberi Anda informasi lebih banyak untuk dieksplorasi," tulis Microsoft pada blog resminya.

Kemampuan visual search seperti ini sejatinya bukan yang pertama. Google pun punya lewat aplikasi Google Lens yang bisa diunduh pengguna Android. Namun perbedaannya, visual search yang dimiliki Google hanya bisa dilakukan lewat aplikasi Google Lens.

Sedangkan visual search milik Microsoft bisa dilakukan lewat beberapa cara yakni lewat aplikasi Bing, lewat situs Bing secara langsung, dan lewat browser Microsoft Edge.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.