Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Menengok Cara Kerja "Kamera Rahasia" Oppo Find X

Kompas.com - 23/06/2018, 10:04 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

PARIS, KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya, Find X, dalam sebuah acara yang digelar di Paris, Perancis, Selasa (19/6/2018). Kemunculan Oppo Find X sekaligus menandai kembalinya smartphone flagship seri Find besutan pabrikan China tersebut.

Find X tampil dengan layar 6,4 inci yang nyaris sepenuhnya menutupi bagian depan ponsel, dengan rasio layar berbanding bodi sebesar 93,8 persen. Sekeliling layar berbingkai tipis, termasuk di sisi atas yang tidak memiliki notch alias poni yang biasanya dipakai untuk menempatkan kamera depan.

Rahasianya, Oppo menyembunyikan kamera Find X di bodi ponsel dengan mekanisme geser (slider) khusus. Kamera hanya akan menyembul (pop-up) di sisi atas Find X, apabila pengguna menjalankan aplikasi kamera atau fitur face unlock.

Jadilah alat penangkap gambar itu seperti "kamera rahasia" yang tak kasat mata, hanya muncul ketika diperlukan. Walhasil, bodi Find X pun bisa tampil mulus dan polos di bagian depan dan belakang, tanpa terganggu oleh lensa kamera.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Oppo Find X

Executive Director Oppo, Michael Tran mengatakan, pihaknya memang berniat membuat ponsel flagship yang tak hanya berlayar lebar, namun juga sedap dipandang.

"Solusi kami adalah 'Stealth 3D Camera' yang sepenuhnya tersembunyi di balik layar, dengan mekanisme slider khusus," ujar Tran, mengacu pada sebutan Oppo untuk kamera rahasia tersebut.

Selain menyembunyikan diri, kamera (depan, 25 megapiksel, f/2.0) Oppo Find X mampu melakukan pemetaan wajah pengguna secara tiga dimensi dengan memproyeksikan 15.000 titik, untuk kebutuhan keamanan.

Baca juga: Oppo Find X Bisa Dipesan di Indonesia Juli, Harganya?

Modul kamera rahasia pop-up Oppo Find X turut memuat kamera ganda (belakang), masing-masing dengan resolusi 16 megapiksel (f/2.0) dan 20 megapiksel (f/2.0). Kedua kamera ini memiliki sudut pandang wide angle dan short telephoto dengan rasio zoom optis 2x.

Jeroan Oppo Find X diperkuat chip Snapdragon 845 dengan RAM 8 GB, storage 256 GB, serta baterai 3.730 mAh dengan teknologi pengisian cepat VOOC. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 8.1 dengan UI Color OS 5.1 ala Oppo.

Seperti apa sosok dan cara kerja kamera rahasia  ponsel yang dibanderol 999 Euro di daratan Eropa ini? Simak penelurusan singkat KompasTekno langsung dari lokasi acara peluncuran Find X di Paris, Perancis, di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com