Apple Akui Keyboard MacBook Bermasalah, Tawarkan Perbaikan Gratis

Kompas.com - 23/06/2018, 12:14 WIB

KOMPAS.com - Apple akhirnya mengakui bahwa desain butterfly keyboard di MacBook dan MacBook Pro memiliki cacat desain. Perusahaan pun menawarkan perbaikan gratis pada para pengguna yang mengalami masalah itu.

Apple telah mengumumkan bahwa perusahaan menanggung biaya perbaikan tersebut selama 4 tahun sejak tanggal pembelian MacBook atau MacBook Pro.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Wired, Sabtu (23/6/2018), perbaikan itu sendiri tidak akan membuat keyboard MacBook dan MacBook Pro bebas dari masalah debu. Tapi setidaknya, pengguna yang menemukan masalah kini bisa menyelesaikannya gratis.

"Hari ini kami meluncurkan program perbaikan keyboard untuk pelanggan kami. Program ini mencakup sejumlah kecil keyboard di MacBook dan MacBook Pro tipe tertentu," tulis Apple dalam pernyataan resminya.

"Ciri-ciri kerusakan yang kami tangani antara lain berupa tombol yang berulang kali tertekan dengan sendirinya, tidak bisa ditekan, dan tidak merespons sama sekali," imbuhnya.

Baca juga: Apple Dipetisi Ganti Keyboard MacBook Pro

Setidaknya ada 9 tipe MacBook dan MacBook Pro yang memiliki butterfly keyboard dan dapat mengikuti program perbaikan gratis. Beberapa di antaranya adalah MacBook Retina Display 2015 serta MacBook Pro tahun 2016 ke atas.

Sebelumnya, banyak sekali pengguna MacBook dan MacBook Pro yang mengeluh karena butterfly keyboard di perangkatnya mudah sekali rusak. Bahkan sekadar kemasukan debu saja bisa membutnya rusak.

Penyebab butterfly keyboard mudah rusak diduga kuat karena konstruksi yang berbeda dari keyboard pada umumnya. Ketika debu atau partikel kecil lain menyusup ke bagian bawah tombol, maka tidak bisa keluar lagi dan mengganjal, sehingga tombol tidak bisa ditekan.

Kerusakan keyboard akibat ganjalan partikel kecil ini tidak mudah untuk diperbaiki. Pengguna tidak bisa memperbaiki sendiri di rumah, dan mesti dibawa ke pusat servis Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WIRED.COM


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.