Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Masalah Keyboard MacBook dan Daftar Tipe yang Mengalaminya

Kompas.com - 24/06/2018, 13:39 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Beberapa pengguna MacBook dan MacBook Pro keluaran anyar mengeluhkan performa keyboard mereka. Setelah ditelusuri, Apple pun mengakui kelalaian pihaknya.

Setidaknya ada tiga masalah utama yang muncul pada keyboard MacBook dan MacBook Pro. Pertama, huruf atau karakter yang diketik dengan sendirinya terulang-ulang.

Kedua, huruf atau karakter tak muncul meski sudah ditekan. Terakhir, beberapa key terasa lengket atau tak merespons sebagaimana seharusnya.

Sebagai gantinya, Apple mengumumkan program perbaikan gratis bagi pengguna yang mengalami masalah pada keyboard MacBook dan MacBook Pro mereka.

“Kami meluncurkan program perbaikan keyboard untuk segelintir pengguna yang mengalami masalah menjajal MacBook dan MacBook Pro model baru,” kata juru bicara Apple.

Baca juga: Apple Akui Keyboard MacBook Bermasalah, Tawarkan Perbaikan Gratis

“Perbaikan bisa berupa penggantian satu atau beberapa key, bisa juga keseluruhan keyboard,” ia menambahkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (24/6/2018), dari 9to5Mac.

Pengguna yang mengalami tiga masalah di atas ketika menjajal MacBook dan MacBook Pro mereka, bisa melapor ke Apple Authorized Service Provider.

Selanjutnya, bikin janji di Apple Retail Store dan kirim perangkat ke Apple Repair Center. Untuk prosedur selengkapnya, bisa bertandang ke situs ini. Untuk prosedur selengkapnya, bisa bertandang ke situs ini.

Program ini berlaku selama 4 tahun sejak MacBook dan MacBook Pro pertama kali dibeli. Berikut model yang bisa mengklaim perbaikan gratis ini.

1. MacBook (Retina, 12-­inci, awal 2015)
2. MacBook (Retina, 12­-inci, awal 2016)
3. MacBook (Retina, 12-­inci, 2017)
4. MacBook Pro (13­-inci, 2016, Two Thunderbolt 3 Ports)
5. MacBook Pro (13-­inci, 2017, Two Thunderbolt 3 Ports)
6. MacBook Pro (13-­inci, 2016, Four Thunderbolt 3 Ports)
7. MacBook Pro (13-­inci, 2017, Four Thunderbolt 3 Ports)
8. MacBook Pro (15-­inci, 2016)
9. MacBook Pro (15-­inci, 2017)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com