Ponsel Android Go Samsung Jalani Pengujian

Kompas.com - 25/06/2018, 10:34 WIB
Android Go ArsTechnicaAndroid Go

KOMPAS.com -  Rumor Samsung bakal merilis ponsel Android Go telah beredar sejak Mei lalu. Kini, rumor terbarunya, ponsel Android Go Samsung itu tengah menjalani pengujian. Artinya sebentar lagi bakal dipasarkan.

Menurut sumber dalam, Samsung tengah menguji coba smartphone dengan Android Go. Perangkat dengan nama kode “SM-J260G” itu digadang-gadang akan hadir sebagai “Samsung Galaxy J2 Core”.

Kabarnya, ponsel ini akan dijual di pasaran terbatas, antara lain di India, Nepal, Bangladesh, dan Sri Lanka. Belum jelas apakah Indonesia akan menjadi negara sasaran juga atau tidak.

Berdasarkan bocoran benchmark, SM-J260G ini hadir dengan prosesor berkode “Universal7570_Go”. Kapasitas RAM-nya 1 GB dan sistem operasinya Android Oreo 8.1 versi Android Go.

Baca juga: Galaxy J2 Core, Ponsel Android Go Pertama Samsung?

Selain SM-J260G, ada varian lain yang serupa dengan nama kode “SM-J260F” dan “SM-J260M”. Masing-masing pun tengah diuji coba di beberapa pasar berbeda, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (25/6/2018), dari GadgetsNow.

SM-J260F dites di Inggris, Uzbekistan, Jerman, Italia, Ukraina, Rusia, Kazakhstan, Perancis, dan Polandia. Sementara SM-J260M diuji di Singapura, Kamboja, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Vietnam.

Perlu diketahui, informasi ini baru berasal dari bocoran. Belum ada pernyataan resmi dari Samsung. Benar atau tidaknya, kita lihat saja nanti.

Android Go adalah inisiatif Google untuk meningkatkan penetrasi smartphone di negara-negara berkembang. Sistem operasi itu menyasar ponsel murah dengan performa yang tak kalah hebat.

“Blackview A20” adalah ponsel pertama yang berjalan dengan sistem operasi Android Go. Selanjutnya, Samsung juga dikabarkan bakal memperkaya ekosistem Android Go.

Android Go sendiri merupakan sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat low-end. Sesuai fungsinya, meski sudah berbasis Oreo, sistem operasi ini didesain untuk berjalan optimal pada smartphone dengan RAM 512 MB atau  1GB.

Nokia pun sudah mengumumkan perangkat anyarnya yang berjalan dengan sistem operasi Android Go yakni Nokia 1. Kemudian beberapa vendor lain seperti ZTE dan Alcatel juga bakal merilis ponsel serupa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GadgetsNow
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X