Ponsel China Diprediksi Jadi Penghambat Samsung

Kompas.com - 25/06/2018, 18:27 WIB

KOMPAS.com - Menurut sumber dalam yang tak ingin disebutkan identitasnya, Samsung mulanya menargetkan angka 320 juta unit untuk penjualan smartphone tahun ini. Kemudian setelah Galaxy S9 dan S9 Plus diperkenalkan pada publik, target ini ditingkatkan jadi 350 juta unit.

Namun analis memprediksi vendor smartphone asal Korea Selatan tidak akan mencapai target penjualan pada 2018 ini. Para analis itu melihat bahwa ada beberapa faktor yang membuat minat pasar semakin turun pada Samsung. Faktor terbesarnya adalah keberadaan vendor smartphone asal China seperti Xiaomi dan Huawei.

Berdasarkan data dari para analis, vendor ponsel asal China memang tengah mendapat perhatian lebih dari pasar. Vendor-vendor ini mampu membuat ponsel berspesifikasi tinggi tapi dengan harga yang terpaut cukup jauh dengan Samsung.

Dikutip KompasTekno dari The Investor, Senin (25/6/2018), selain itu faktor lainnya menurut analis adalah turunnya minat pengguna pada Galaxy S9 dan S9 Plus.

"Samsung akan bisa mengapalkan sekitar 73 juta unit smarthpone untuk kuartal kedua tahun ini, tapi dengan volume pengapalan unit S9 dan S9 Plus yang turun," ungkap analis Noh Geung Chang dari HMC Investment & Securities.

Ia pun menilai penurunan tersebut bisa menjadi angka yang paling rendah untuk penjualan Galaxy S series sejak 2012 silam. Karena itulah ia juga mengatakan bahwa Samsung harus bersiap menghadapi angka penjualan yang mengecewakan.

Samsung saat ini masih menjadi vendor smartphone dengan pangsa pasar terbesar dunia. Pada 2017 lalu vendor asal Korea Selatan ini berhasil menjual sebanyak 80,2 juta perangkat.

Namun menurut lembaga riset Gartner pangsa pasar Samsung yang mencapai angka 20,5 persen pada awal tahun ini lebih kecil dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang tercatat 20,8 persen.

Sebaliknya, Xiaomi mengalami pertumbuhan penjualan 124 persen secara year-over-year sehingga pangsa pasar globalnya pada kuartal pertama mencapai 7,4 persen.

Xiaomi berada di urutan keempat dari lima besar pabrikan smartphone dunia. Selain Samsung dan Xiaomi, ada Apple yang menempati urutan kedua, Huawei di urutan ketiga dan Oppo di urutan kelima.

Artinya, tiga dari lima besar vendor smartphone teratas dunia saat ini dikuasai oleh vendor asal China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.