Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Password iPhone Bisa Dibobol Pakai Kabel Data

Kompas.com - 25/06/2018, 19:16 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Fortune

KOMPAS.com - Selama ini sistem keamanan iOS di iPhone dikenal sulit untuk ditembus. Password pada perangkat iOS pun seolah menjadi tembok besar bagi peretas yang ingin membobol keamanan sistem operasi ini.

Namun peneliti dari Hacker House baru-baru ini menemukan cara agar peretas bisa menjebol dan masuk ke sistem keamanan yang dibangun pada iOS. Peneliti hanya menggunakan sebuah kabel data untuk mengakali sistem keamanan ini.

Dikutip KompasTekno dari Fortune, Senin (25/6/2018), para peneliti ini melakukan cara yang sedikit "kasar". Dengan menggunakan kabel data tersebut, mereka dapat mengakali batas jumlah angka password yang dimasukkan ke perangkat iPhone menjadi tanpa batas.

Sekadar informasi, batas kesalahan memasukkan password untuk perangkat iOS adalah sepuluh kali secara berturut-turut. Jika lebih dari itu, pengguna masih salah memasukkan kombinasi angka, maka dapat dipastikan data yang ada pada perangkat akan terkunci.

Baca juga: iPhone X Mulanya Dirancang Tanpa Colokan Charger

Inilah yang kemudian menjadi titik lemah yang dapat dieksploitasi oleh peretas. Jumlah batas input yang tak lagi terbatas memungkinkan peretas mencari kombinasi angka tanpa perlu khawatir akan diblokir.


Lewat sebuah video, peneliti menunjukkan metode ini bisa membuat perangkat "dihujani" kombinasi password secara otomatis dan tanpa henti. Sehingga peretas tinggal duduk manis sampai perangkat menemukan kombinasi yang tepat.

"Daripada meretas dengan cara mengirim kombinasi kode satu per satu, cara ini bisa mengirim seluruhnya hanya dengan sekali tekan," ungkap Matthew Hickey, salah satu peneliti sekaligus co-founder Hacker House.

Ia melanjutkan, dengan cara ini, perangkat seolah akan "kebingungan" karena terlalu banyak informasi serta kombinasi password yang diinput. Dengan begitu, sistem perlindungan iPhone tidak akan berfungsi.

Menanggapi hal ini, juru bicara Apple, Michele Wyman mengatakan metode tes yang dilakukan oleh firma keamanan Hacker House ini tidaklah benar. Meski tidak menjelaskan di mana letak kesalahannya, ia menilai percobaan itu membuat iOS seolah terlalu mudah untuk dibobol.

Apple pun kabarnya akan segera memberikan pembaruan minor pada pengguna agar sistem keamanannya tetap kuat dan terjaga.

Perlu diketahui, sistem operasi iOS memang dikenal memiliki kemanan yang sulit ditembus. Bahkan pada 2016 lalu, FBI dibuat pusing tujuh keliling ketika berusaha membuka data iPhone yang diduga merupakan milik teroris pelaku penembakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fortune
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com