Facebook Bakal Tampilkan Waktu yang Dihabiskan Pengguna - Kompas.com

Facebook Bakal Tampilkan Waktu yang Dihabiskan Pengguna

Kompas.com - 26/06/2018, 07:22 WIB
Ilustrasi FacebookThe telegraph Ilustrasi Facebook

KOMPAS.com - Dalam berbagai kesempatan, CEO Facebook, Mark Zuckerberg sesumbar bahwa perlindungan pengguna adalah harga mati. Ia ingin jejaring sosialnya lebih banyak mendatangkan manfaat ketimbang mudarat.

“Melindungi komunitas kami lebih penting ketimbang memaksimalkan keuntungan,” kata dia.

Karena itu, Facebook tengah menyiapkan fitur yang dinamai “Time Well Spent”. Fitur itu membeberkan berapa lama waktu yang dihabiskan pengguna membuka Facebook.  

Setiap pengguna akan menerima laporan pemakaian mereka per tujuh hari. Waktu rata-rata yang dihabiskan per hari pun akan dijabarkan.

Dengan begitu, pengguna lebih sadar seperti apa pola dan kebiasaan mereka menggunakan Facebook. Langkah selanjutnya, pengguna bisa menyetel self-reminder untuk mengingatkan mereka ketika hendak mencapai batas waktu pemakaian tertentu.

Baca juga: Facebook Uji Coba Grup Berbayar untuk Cari Uang

“Kami selalu mencari cara baru untuk memastikan waktu pengguna di Facebook adalah waktu yang patut (well spent),” kata juru bicara Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/6/2018), dari TechCrunch.

Sebelumnya, CEO Instagram, Kevin Systrom, juga mengonfirmasi pihaknya sedang menggodok fitur serupa yang diberi nama “Usage Insight”. Namun, belum dipastikan kapan fitur ini bisa dinikmati khalayak Facebook dan Instagram secara resmi.

Diketahui, pembatasan akses ke teknologi agaknya menjadi perhatian para raksasa teknologi. Selain aplikasi Facebook dan Instagram secara khusus, fitur serupa juga dibenamkan oleh sistem operasi iOS dan Android.

Pengguna iOS dan Android sudah bisa memonitor berapa lama waktu mereka di depan layar, aplikasi apa yang mendominasi perhatian mereka, serta menyetel peringatan untuk keluar dari aplikasi tertentu jika batas waktunya sudah lewat.



Close Ads X