Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, Traffic Data Smartfren Melonjak 176 Persen

Kompas.com - 26/06/2018, 16:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Smartfren mencatat kenaikan traffic data internet cukup signifikan sepanjang bulan Ramadhan 2018, yakni sebesar 176 persen.

Kenaikan tertinggi terjadi pada H-3 dan H+3 Lebaran 2018. Peningkatan tersebut terjadi di sepanjang jalur mudik Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menurut VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, pola konsumsi data pengguna Smartfren berubah dari tahun 2017.

Di tahun sebelumnya, kenaikan penggunaan data internet terjadi pada Hari-H Idul Fitri, namun tahun ini justru terjadi menjelang Lebaran.

"Perubahan pola ini kami maknai positif, berarti para pelanggan kami menggunakan layanan kami sebagai teman ketika mereka melakukan perjalanan mudik," jelas Munir dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (26/6/2018).

Baca juga: Paket 4G Unlimited Smartfren Turun Harga Jadi Rp 60.000

Ia menambahkan, jika dari pencatatan internal Smartfren, konsumsi data paling banyak digunakan untuk streaming dan bermain game.

Produk kuota internet unlimited dan banyaknya ponsel 4G yang bisa menggunakan jaringan 4G Smartfren disebut ikut mendongkrak peningkatan traffic data.

Menurut Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra, layanan 4G LTE Smartfren juga banyak dimanfaatkan penggunanya untuk streaming YouTube, video call via WhatsApp, game online, dan mengakses situs e-commerce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com