4 Android Nokia Dapat Upgrade “Face Unlock”

Kompas.com - 26/06/2018, 19:07 WIB
Penampilan Nokia 8 Sirocco yang resmi diluncurkan di ajang Mobile World Congress, Senin (26/2/2018) di Barcelona. Tom Warren/The VergePenampilan Nokia 8 Sirocco yang resmi diluncurkan di ajang Mobile World Congress, Senin (26/2/2018) di Barcelona.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Fitur sekuriti berbasis pengenalan wajah alias face unlock, belakangan banyak diusung oleh vendor Android. Nokia pun rupanya tak mau ketinggalan.

Dalam sebuah tanya jawab di Twitter, merek ponsel legendaris yang lisensinya kini dipegang oleh HMD Global itu mengatakan bahwa empat model smartphone besutannya bakal mendapatkan fitur face unlock.

Keempat model ponsel Nokia dimaksud adalah Nokia 8 Sirocco, Nokia 8, Nokia 7 Plus, dan Nokia 6 generasi terbaru. Face unlock disebut akan hadir lewat update over-the-air (OTA) dalam “beberapa bulan ke depan”.

Selain empat smartphone Nokia tersebut, belum diketahui apakah fitur serupa akan turut hadir pula di model-model ponsel Nokia yang lain. Fitur Face unlock memang membutuhkan chipset (CPU dan ISP) yang mumpuni, supaya bisa bekerja dengan cepat dan akurat.


Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (26/6/2018), keempat model smartphone Nokia yang disebutkan pun sebenarnya tak memiliki hardware khusus, seperti proyektor inframerah untuk melakukan pengenalan wajah secara tiga dimensi.

Baca juga: Menjajal Nokia 8, Smartphone Flagship Rp 6 Jutaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, kalaupun nanti sudah mendapat fitur face unlock, kemungkinan fitur keamanan tersebut hanya akan mengandalkan pengenalan wajah lewat kamera depan semata. Metode itu tak seaman face unlock secara tiga dimensi.

Selain face unlock, tahun lalu Nokia sempat mengumumkan bahwa ponsel besutannya bakal mendapat  sistem operasi Android P.

Update OS itu disebut akan hadir untuk semua ponsel Nokia. Pekan ini Android P Developer Preview 3 sudah mulai hadir di Nokia 7 Plus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.