Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Video Call Instagram Sudah Bisa Dicoba di Android dan iOS

Kompas.com - 27/06/2018, 10:52 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan lalu, Instagram mengumumkan fitur video chat yang tengah dipersiapkan. Fitur panggilan video tersebut akhirnya resmi disebar di perangkat Android dan dan iOS mulai hari ini, Rabu (27/6/2018).

Fitur video chat Instagram bisa menampung obrolan hingga empat orang dari teman atau grup percakapan di Direct Message (DM).

Pengguna harus memperbarui versi Instagram lebih dulu untu bisa mencoba fitur ini melalui App Store atau Play Store.

Setelah ter-update, buka Instagram Direct atau ikon pesawat terbang kertas yang ada di pojok kanan atas.

Pililh salah satu teman atau grup yang beranggotakan maksimal tiga orang untuk melakukan panggilan video. Lalu ketuk ikon kamera di pojok kanan atas, lantas tunggu hingga penerima panggilan menjawab.

Ketika panggilan video masih berjalan, pengguna masih tetap bisa berselancar di beranda Instagram dengan melakukan "minimize", tanpa mengakhiri panggilan.

Perlu diingat, fitur ini tidak akan berlaku bagi pengguna yang telah diblokir atau yang memblokir Anda.

Jika tidak ingin menerima video chat dari beberapa pengguna tertentu, Anda bisa mengaturnya dengan mengaktifkan opsi "mute video chat". Caranya, tahan utas (thread) pesan dari teman yang ingin dibungkam. Lantas pilih opsi "mute video chats" di bagian paling bawah.

Pengguna juga bisa mengatur notifikasi video chat di menu pengaturan. Pilih menu "notifikasi"  di bagian bawah dan pilih "push notification".

Gulir ke bawah hingga menemukan opsi "video chat" untuk menonaktifkan atau memilih siapa yang bisa mengirimi Anda notifikasi video chat. Dilansir KompasTekno dari BGR, Rabu (27/6/2018), Instagram juga merombak penampilan menu "explore".

Baca juga: Instagram Luncurkan IGTV, Platform Video Vertikal Durasi Panjang

Pada bagian atas, akan terdapat beberapa konten yang disebut disesuaikan dengan keteratrikan pengguna, seperti konten musik, komik, atau travel. Sehingga pengguna tak lagi repot menggulir kiriman favorit di antara tumpukan postingan lain di penelusuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com