Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cakram Fisik Game "Fortnite" Bisa Laku Jutaan Rupiah

Kompas.com - 27/06/2018, 18:19 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Punya kopi fisik game populer Fortnite besutan Epic Games? Cakram Blu-ray tersebut bisa laku dijual seharga jutaa rupiah. Itulah fenomena yang belakangan mengemuka di pasar-pasar online di jagat maya.

Di portal eBay, misalnya, cakram fisik Fortnite untuk konsol game PS4 dan Xbox One bisa dijual seharga 200 hingga 400 dollar AS atau sekitar Rp 2,9 juta hingga Rp 5,7 juta. Ada juga pembeli yang berani menawar hingga 500 dollar AS atau mencapai Rp 7,1 juta.

Padahal, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GameSpot, Rabu (27/6/2018), game berjenis battle royale tersebut bisa diunduh dan dimainkan secara gratis oleh pengguna PS4 dan Xbox One.

Kenapa para pembeli ini rela menebus cakram Fortnite seharga jutaan rupiah? Sebabnya mungkin berkaitan dengan keputusan Epic Games selaku publisher Fortnite untuk berhenti membuat edisi fisik game itu dan berkonsentrasi 100 persen pada edisi download.

Sejumlah listing di eBay yang menawarkan game Fortnite edisi fisik untuk konsol PS4 dan Xbox One.eBay Sejumlah listing di eBay yang menawarkan game Fortnite edisi fisik untuk konsol PS4 dan Xbox One.

Dengan kata lain, cakram fisik Fortnite sudah tak lagi diproduksi. Karena itu pula ia lantas berubah menjadi barang koleksi. Harganya lambat laun makin mahal. Pada Maret lalu, banderol cakram fisik Fortnite masih berada di kisaran 80 higga 100 dollar AS.

Di luar PS4 dan Xbox One, Fortnite kini telah hadir di PC, Nintendo Switch dan iOS, dengan dukungan cross-play antar platform berbeda tersebut.

Pengguna gadget Android masih harus bersabar menunggu karena Epic Games belum merilis Fortnite untuk platform gadget mobile terpopuler ini.

Popularitas Fortnite belakangan dimanfaatkan hacker menyebarkan malware dengan jebakan berupa link palsu untuk game Fortnite “versi Android”, yang sebenarnya belum ada.

Baca juga: Hati-hati! Aplikasi Palsu "Fortnite" Bawa Malware

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Gamespot
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.