Kompas.com - 28/06/2018, 06:33 WIB

KOMPAS.com - Seorang blogger ternama asal Jepang tewas ditikam setelah menjadi pembicara di sebuah acara seminar tentang kekerasan dunia maya.

Blogger bernama Kenichiro Okamoto (41), ditemukan dalam keadaan tak bernyawa dengan luka tikam di daerah dada dan leher, di toilet pusat pengajaran distrik Chuo, Kota Fukuoka, Jepang.

Pelaku diduga menguntit Okamoto saat menuju ke toilet pada Minggu (24/6/2018) sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Setelah melakukan aksinya, pelaku disebut melarikan diri menggunakan sepeda.

Sekitar tiga jam setelah korban ditemukan, seorang pria berusia sekitar 40 tahunan datang ke kantor polisi dan menyatakan jika dirinya bertanggungjawab atas pembunuhan di Chuo.

Kepada polisi, pelaku bernama Hidemitsu Matsumoto tersebut mengaku jika dirinya membenci Okamoto dan ingin membunuhnya.

Diwartakan Telegraph yang dilansir KompasTekno, Kamis (28/6/2018), pelaku sempat terlibat pertikaian secara online dengan Okamoto sebelumnya. Menurut beberapa laporan, Okamoto memang disebut pernah beberapa kali terlibat percekcokan online dengan pengguna internet lainnya.

Termasuk dengan Matsumoto, yang dilaporkan mengirim pesan pribadi bernada kekerasan kepada Okamoto dan para komentator di blog Okamoto.

Blogger Jepang Kenichiro Okamoto alias HagexANN News/YouTube Blogger Jepang Kenichiro Okamoto alias Hagex

Dalam pesan yang diduga ia tulis setelah membunuh Okamoto, Matsumoto mengatakan jika dirinya akan terus menyiksa Okamoto dengan membuka akun baru setiap kali akun lamanya dihapus.

"Saya akan pergi ke kantor polisi terdekat, untuk secara sukarela menyerahkan diri dan bertanggung jawab atas tindakan saya," imbuh Matsumoto.

Di dalam tas pelaku, polisi menemukan sebilah pisau dengan noda darah. Okamoto adalah seorang ahli keamanan siber dan bekerja di sebuah perusahaan konsultan keamanan TI.

Di Jepang ia cukup populer dengan nama online Hagex, serta cukup sering tampil di televisi lokal. Dalam postingan terakhir di blognya, ia berujar akan menceritakan pengalamannya bersitegang di dunia maya.

"Saya akan membagikan pengalaman tentang pertengkaran online dan bagaimana cara mengatasinya", tulis Okamoto.

Baca juga: Blogger Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Beberapa laporan media setempat menyebut jika Matsumoto adalah orang "hikikomori". Hikikomori merupakan fenomena menarik diri dari sosial yang banyak dilakukan oleh remaja dan orang dewasa di Jepang. Mereka lebih memilih untuk berkomunikasi menggunakan komputer, alih-alih berinteraksi secara tatap muka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.