Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Pokemon Quest" Resmi Hadir di Android dan iOS

Kompas.com - 28/06/2018, 10:41 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pecinta Pokemon boleh saja bersukacita. Kali ini Anda bisa kembali berpetualang dengan para Pokemon kesukaan Anda. Pasalnya game teranyar Pokemon Quest sudah bisa diunduh dan dimainkan di smartphone Android dan iOS.

Sebelumnya game ini secara eksklusif hanya tersedia di konsol Nintendo Switch pada Mei 2018 lalu. Game yang dikembangkan oleh Game Freak ini merupakan spin-off dan memiliki tipe permainan yang sama seperti Pokemon Mystery Dungeon di Nintendo 3DS.

Gameplay Pokemont Quest membawa pemain berada dalam suatu pulau dan mengeksplorasi ke setiap sudut untuk menemukan musuh dan bertarung untuk menaikkan level.

Game yang diperkenalkan pada gelaran pra-event E3 ini berbeda dengan Pokemon Go. Pokemon Quest memiliki mode permainan RPG dengan grafis yang dirancang dengan gaya voxel (kotak-kotak) serupa dengan Minecraft.

Pemain akan membawa tiga Pokemon untuk berpetualang dan bertarung dengan Pokemon lainnya.

Selayaknya game Pokemon pada umumnya, pemain juga bisa menangkap Pokemon lain menggunakan Pokeball. Namun jika biasanya untuk menangkap Pokemon pemain harus mengalahkan musuh lewat pertarungan secara real-time, Pokemon Quest ini menyuguhkan cara yang berbeda.

Dikutip KompasTekno dari The Next Web, Kamis (28/6/2018), dalam Pokemon Quest pemain harus memasak makanan tertentu untuk menarik perhatian Pokemon yang akan ditangkap. Jika beruntung, Pokemon akan tertarik dan bisa menjadi teman untuk diajak bertarung melawan musuh.

Cara bertarungnya cukup mudah di dalam setiap stage, pemain hanya tinggal memilih jurus dan teknik apa yang digunakan oleh Pokemon. Pasalnya para Pokemon akan bergerak dan menyerang musuh dengan sendirinya.

Pokemon Quest mengambil latar berupa sebuah pulau bernama Tumblecube. Anda bisa membawa ketiga Pokemon yang telah dipilih untuk mengeksplorasi pulau ini. Di pulau ini, Anda akan dapat menemukan sebanyak 151 Pokemon yang berbeda. Jika beruntung, kabarnya ada beberapa Pokemon legendaris yang bisa Anda temukan.

Dari pantauan KompasTekno, game yang baru saja dirilis versi mobile-nya pada Rabu kemarin ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 100.000 kali dan mendapat rating 4,7 dari 5 untuk versi Android. Di App Store untuk iOS pun serupa, game ini mendapat cukup banyak pujian dari para pengguna.

Pokemon Quest dapat diunduh secara gratis baik untuk perangkat Android maupun iOS. Namun di dalamnya terdapat in-app purchases di mana pengguna bisa membeli item tambahan untuk dipergunakan dalam pertarungan.

Game ini sejatinya dirilis sebagai "selingan" untuk para pemain yang tidak sabar menanti hadirnya dua seri Pokemon terbaru pada 2019 mendatang.

Baca juga: Saingi Nintendo, Sega Bakal Rilis Konsol Mega Drive Mini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com