Instagram Lite Sedang Diuji, Menyasar Android "Low-end"

Kompas.com - 28/06/2018, 13:14 WIB

KOMPAS.com - Instagram diam-diam merilis Instagram Lite di Google Play Store tanpa ada pengumuman resmi. Seperti aplikasi berformat "Lite" lainnya, Instagram Lite membawa ukuran lebih ringan dibanding aplikasi utama.

"Aplikasi Instagram Lite berukuran kecil, memungkinkan Anda menghemat ruang (penyimpanan) di ponsel dan mengunduhnya lebih cepat", begitu deskripsi aplikasi Instagram Lite di Play Store.

Dituliskan jika Instagram Lite hanya berukuran 573 kilobyte, atau 1/55 dari aplikasi utama Instagram yang berukuran 32 megabyte.

Salah satu perwakilan Instagram membenarkan peluncuran Instagram Lite. Pihaknya menambahkan jika saat ini aplikasi tersebut masih diujicoba di Meksiko. 

"Kami sedang menguji coba versi baru Instagram untuk Android yang akan menggunakan sedikit ruang di perangkat, lebih hemat data, dan lebih cepat," jelasnya sebagaimana KompasTekno lansir dari Tech Crunch, Kamis (28/6/2018).

Beberapa fitur utama di aplikasi induk, diturunkan ke Instagram Lite. Seperti filter, mengunggah foto ke feed Instagram, mengunggah dan menonton Instagram Stories, serta melakukan penelusuran melalui menu "explore".

Untuk fitur bagikan video dan direct message masih belum ditemukan di Instagram Lite. Kedatangan Instagram Lite menjadi angin segar bagi pengguna Instagram yang memiliki masalah dengan ruang penyimpanan perangkat.

Terutama pengguna di negara berkembang yang banyak mengadopsi perangkat low-end hingga mid-range dengan kapasitas ruang penyimpanan dan RAM yang kecil. Sehingga, pengguna tak perlu repot megorbankan aplikasi lain lebih dulu jika ingin mengunduh Instagram Lite.

Berkaca dari apliaksi versi "Lite" lain, Instagram Lite juga "ramah" dengan jaringan yang sering tidak stabil.

Baca juga: Fitur Video Call Instagram Sudah Bisa Dicoba di Android dan iOS

Peluncuran Instagram Lite semakin "memanjakan" pengguna Instagram di negara berkembang yang kemungkinan masih menghadapi masalah-masalah di atas.

Sebelumnya, Instagram juga merombak tampilan Instagram versi web bulan lalu. Beberapa fitur dari aplikasi utama Instagram diboyong ke versi web.

Belum ada konfirmasi lagi dari Instagram tentang kapan Instagram Lite siap digunakan untuk Indonesia dan negara lain secara global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.