Google Suntik Rp 314 Miliar untuk KaiOS, Pesaing Android Go

Kompas.com - 29/06/2018, 09:06 WIB

KOMPAS.com - Google semakin agresif dengan gerakan “Next Billion Users”, yakni mendorong masyarat di area-area pelosok untuk masuk ke ranah maya alias go online.

Ada beberapa inisiatif yang telah dilakukan, salah satunya membuat sistem operasi Android Go yang serba efisien. Harga smartphone-nya murah, software-nya ringan, serta mendukung akses internet seadanya. (Baca juga: Android Go Resmi Dirilis untuk Ponsel Spesifikasi Rendah)

Lebih lanjut, Google juga menanam modal ke sistem operasi "pesaing" Android Go, yaitu KaiOS senilai 22 juta dollar AS atau setara Rp 314 miliar.

Bedanya, jika Android Go ditujukan untuk smartphone, KaiOS sifatnya lebih untuk kategori “smart feature phone”.

Google hendak mempopulerkan Assistant, Maps, Search, dan YouTube ke KaiOS. Dengan begitu, aplikasi Google akan semakin membumi dan membantu banyak orang dalam kegiatan sehari-hari.

“Investasi seri A dari Google digunakan untuk pengembangan dan penyebaran ponsel KaiOS secara cepat dan global,” kata juru bicara Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (29/6/2018), dari TechCrunch.

Didirikan pada 2017, KaiOS saat ini terbenam pada 40 juta ponsel. HMD Global adalah salah satu pabrikan yang menggunakan sistem operasi itu, misalnya saja pada Nokia 8110 “banana phone”.

Baca juga: Nokia 8110 Pisang Lahir Kembali dengan 4G

Sejumlah perangkat buatan TCL, Micromax, dan Alcatel juga mengandalkan KaiOS. Sistem operasi tersebut berbasis Linux dan mampu berjalan pada hardware sederhana.

Salah satu aspek keunggulannya adalah sebuah app store, di mana pengembang bisa membuat beragam aplikasi mulai dari news, shopping, hingga gaming. Aplikasi-aplikasi itu dibangun dengan HTML5, Javascript, dan CSS.

Sistem operasi ringan ini juga mendukung koneksi 4G LTE yang memungkinkan video-calling, dual-SIM, Wi-Fi, serta NFC.

Baca juga: Nokia 1, Ponsel Android Go Pertama Nokia Dijual Rp 1 Jutaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.