Login Twitter Bisa Pakai "Flashdisk" USB

Kompas.com - 29/06/2018, 12:16 WIB
Contoh kunci U2F yang bisa dipakai untuk mengamankan akun Twitter Tech Daily TimesContoh kunci U2F yang bisa dipakai untuk mengamankan akun Twitter

KOMPAS.com - Twitter merilis sebuah kunci mungil seukuran flashdisk (USB) yang bisa dipakai untuk mengunci akun Twitter pengguna. Dengan memanfaatkan kunci tersebut, akun jadi lebih aman dan tidak mudah ditembus oleh hacker atau peretas.

Kunci fisik tersebut dikenal sebagai perangkat universal two factor (U2F). Tingkat keamanan perangkat ini lebih tinggi dibandingkan pengamanan menggunakan kode yang dikirim melalui SMS.

Pasalnya, pengguna yang memakai kunci U2F ini perlu membawnya dan benar-benar menekan tombol di perangkan tersebut agar bisa masuk ke akun Twitter.

Sedangkan nomor telepon pada two factor authentication masih bisa disadap oleh peretas, sehingga kode keamanan yang dikirim dapat diintip dengan mudah.

Baca juga: Begini Cara Membangkitkan Kicauan Twitter 10 Tahun Lalu

Selain menjadi kunci bagi akun Twitter pengguna, kunci U2F juga memiliki manfaat lain. Salah satunya adalah melindungi penggunanya dari aktivitas phishing atau penipuan memakai situs Twitter palsu.

Hal ini berkat fitur U2F yang hanya bisa bekerja jika disambungkan pada halaman Twitter asli, tidak bisa dipakai pada situs palsu yang biasanya digunakan pelaku phishing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Soal cara menggunakan U2F, menurut Twitter, pengguna perlu mendaftarkan nomor telepon seluler-nya lebih dulu di akun miliknya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Jumat (29/6/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ZDNet

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.