Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Login Twitter Bisa Pakai "Flashdisk" USB

Kompas.com - 29/06/2018, 12:16 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Twitter merilis sebuah kunci mungil seukuran flashdisk (USB) yang bisa dipakai untuk mengunci akun Twitter pengguna. Dengan memanfaatkan kunci tersebut, akun jadi lebih aman dan tidak mudah ditembus oleh hacker atau peretas.

Kunci fisik tersebut dikenal sebagai perangkat universal two factor (U2F). Tingkat keamanan perangkat ini lebih tinggi dibandingkan pengamanan menggunakan kode yang dikirim melalui SMS.

Pasalnya, pengguna yang memakai kunci U2F ini perlu membawnya dan benar-benar menekan tombol di perangkan tersebut agar bisa masuk ke akun Twitter.

Sedangkan nomor telepon pada two factor authentication masih bisa disadap oleh peretas, sehingga kode keamanan yang dikirim dapat diintip dengan mudah.

Baca juga: Begini Cara Membangkitkan Kicauan Twitter 10 Tahun Lalu

Selain menjadi kunci bagi akun Twitter pengguna, kunci U2F juga memiliki manfaat lain. Salah satunya adalah melindungi penggunanya dari aktivitas phishing atau penipuan memakai situs Twitter palsu.

Hal ini berkat fitur U2F yang hanya bisa bekerja jika disambungkan pada halaman Twitter asli, tidak bisa dipakai pada situs palsu yang biasanya digunakan pelaku phishing.

Soal cara menggunakan U2F, menurut Twitter, pengguna perlu mendaftarkan nomor telepon seluler-nya lebih dulu di akun miliknya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Jumat (29/6/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com