Purwarupa Galaxy Note 9 Sudah Bisa Dijajal, Spesifikasinya?

Kompas.com - 29/06/2018, 14:33 WIB
Samsung Galaxy Note8 dengan Infinity Display. (Reska K. Nistanto/KOMPAS.com) Samsung Galaxy Note8 dengan Infinity Display. (Reska K. Nistanto/KOMPAS.com)

KOMPAS.com - Jelang peluncurannya awal Agustus mendatang, bocoran spesifikasi Galaxy Note 9 semakin santer beredar. Teranyar, bocoran muncul dari jurnalis mobile kawakan asal Rusia, Eldar Murtazin.

Dirinya mengaku mendapat kesempatan khusus menjajal purwarupa Galaxy Note 9 di AS. Bukan tanpa alasan, kesempatan "hands-on" yang didapat Murtazin bertujuan untuk mengevaluasi software dan hardware flagship tersebut sebelum akhirnya sampai di tangan penggguna.

Menurut Murtazin, secara garis besar spesifikasi Galaxy Note 9 tak jauh berbeda dengan pendahulunya, Galaxy Note 8.  Kecuali pada bagian punggung, di mana sensor pemindai sidik jarinya bergeser ke bawah susunan kamera ganda. Susunanya serupa dengan Galaxy S9 Plus.

Untuk material yang digunakan, dikatakan Murtazin masih sama dengan Galaxy Note 8. Perbedaan lain juga terdapat pada berat.  Karena menggunakan baterai berukuran 4.000 mAh yang lebih besar, Galaxy Note 9 terasa sedikit lebih berat dibanding "kakaknya".

Baterai tersebut diklaim bisa bertahan hingga satu sampai dua hari dalam pemakaian normal.
Sementara untuk pemakaian video dengan pencahayaan maksimal, baterai disebut mampu bertahan hingga 23-25 jam. 

Baca juga: Samsung Kembangkan ISOCELL Plus, Senjata Foto Low-light di Smartphone

Murtazin turut membeberkan konfigurasi RAM dan ROM Galaxy Note 9 yang digosipkan sebelumnya akan membawa kapasitas jumbo. Menurutnya, perangkat ini kelak akan memiliki tiga varian kapasitas yakni RAM 6GB/128GB, 8GB/256GB, dan 8GB/512GB.

Untuk "jeroan", Samsung masih akan meneruskan tradisi menyebar chip sesuai wilayah.
Pasar Korea Selatan dan AS akan mendapatkan chip Snapdragon 845, sementara selebihnya termasuk Indonesia, kemungkinan akan memakai chip Exynos terbaru.

Selain adopsi lensa ganda di belakang, belum ada detail lain soal kamera Galaxy Note 9. Bisa jadi, teknologi ISOCELL yang baru dikenalkan Samsung bakal ikut tersemat di dalamnya.
Teknologi ini diklaim menjadi andalan kamera mobile untuk jepretan di kondisi low-light.

Bocoran gambar render Galaxy Note 9, dengan pemindai sidik jari yang dipindah ke bawah modul kamera. GSM Arena Bocoran gambar render Galaxy Note 9, dengan pemindai sidik jari yang dipindah ke bawah modul kamera.
Kemungkinan pula OIS pada perangkat ini semakin ditingkatkan. Murtazin juga menjelaskan soal stylus pen yang menjadi ciri khas seri Galaxy Note. Menurutnya, stylus pen akan didukung fitur bluetooth dan memiliki kemampuan mengunci perangkat dari jarak jauh.

Baca juga: Samsung Pastikan Tanggal Peluncuran Galaxy Note 9

Samsung kabarnya akan menambah beberapa fitur khusus yang bisa dimanfaatkan para pengguna bisnis. Pindah ke bagian muka, nampaknya display Galaxy Note 9 akan memiliki panel layar lebih terang guna meningkatkan kemampuan penglihatan di bawah sinar matahari.

Murtazin juga membeberkan jika purwarupa yang ia jajal telah mendapatkan update Always On display. Tapi, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Jumat (29/8/2018), kemungkinan display tersebut baru akan dipasang di flagship edisi ulang tahun Samsung ke-10, yakni Galaxy S10.

Dari rumor yang berkembang, Samsung telah menyetop distribusi Galaxy Note 8 ke beberapa mitranya. Unit Gakaxy Note 8 yang ada hanyalah sisa dari stok mereka.

Perlu diingat bahwa perangkat yang dijajaln Murtazin adalah purwarupa. Perubahan di berbagai sektor kemungkinan besar masih akan terjadi hingga Samsung meluncurkannya secara resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.