Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Apple Tak Mau Pengguna Terlalu Sibuk dengan iPhone

Kompas.com - 29/06/2018, 17:10 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem operasi iOS 12 terbaru bakal menyertakan fitur anyar bernama Screen Time untuk memonitor waktu yang dihabiskan pengguna dalam memakai gadget Apple.
 
CEO Apple Tim Cook sudah beberapa lama memakai Screen Time, mengawasi dirinya sendiri ketika memakai perangkat. Cook mengaku kaget ketika mendapati bahwa ia ternyata terlalu sibuk meladeni aneka notifikasi yang muncul di ponsel.
 
"Saya pikir jelas bahwa sebagian dari kita terlalu sibuk dengan perangkat masing-masing," ujar Cook dalam sebuah wawancara yang dirangkum KompasTekno dari CNBC, Jumat (29/6/2018).
 
Cook menjelaskan bahwa Apple sebenarnya sudah menyadari bahwa iPhone bisa membuat penggunanya kecanduan. Apple berusaha melakukan sesuatu untuk mengatasi hal tersebut. Perwujudannya adalah fitur Screen Time yang akan hadir di iOS 12 itu.
 
"Jujur, kami tak mau orang-orang terlalu sering memakai produk kami," katanya. "Kalau Anda sepanjang waktu sibuk dengan ponsel, artinya Anda terlalu banyak menghabiskan waktu (dengan ponsel)," imbuh Cook.
 
Soal monitoring penggunaan ponsel ini sebenarnya tak bisa disamaratakan untuk semua orang karena masing-masing individu memiliki pola pemakaian sendiri. 
 
Namun, dengan menyediakan informasi monitoring secara terbuka, Apple berharap para pengguna bisa melakukan penyesuaian yang cocok untuk dirinya.
 
Cook sendiri mengaku akhirnya memutuskan untuk mengurangi jumlah notifikasi yang muncul supaya tak menyita perhatian sepanjang waktu. "Ternyata itu sangat membantu," ucapnya.
 
Sejak pertama diumumkan awal bulan ini, iOS 12 masih berada dalam tahap public beta. Sistem operasi tersebut baru akan dirilis untuk pengguna iPhone dan iPad di sekitar kuartal ketiga 2018.

Baca juga: iOS 12 Punya 6 Fitur Pencegah Kecanduan iPhone

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com